Prabowo Minta Kadet Mahasiswa Unhan Beri Kontribusi bagi Kesejahteraan Bangsa

Sabtu, 29 Agustus 2020 - 23:20 WIB
loading...
Prabowo Minta Kadet Mahasiswa Unhan Beri Kontribusi bagi Kesejahteraan Bangsa
Menhan) Probowo Subianto hari ini secara resmi membuka Pendidikan S-1, S-2 dan S-3 Universitas Pertahanan (Unhan) Tahun Ajaran 2020/2021 di Kampus Sentul, Bogor, Jawa Barat. Foto/Unhan
A A A
BOGOR - Menteri Pertahanan (Menhan) Probowo Subianto hari ini secara resmi membuka Pendidikan S-1, S-2 dan S-3 Universitas Pertahanan (Unhan) Tahun Ajaran 2020/2021 di Kampus Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Selain itu, Prabowo juga meresmikan pembentukan empat fakultas baru yang membawahi 10 Program Studi (Prodi) S-1 sekaligus pembentukan Korps Kadet Mahasiswa S-1. Dalam pembukaan program pendidikan tersebut, mantan Danjen Kopassus itu bertindak sebagai Inspektur Upacara. Sebanyak 300 Kadet Mahasiswa S-1, kemudian 251 mahasiswa S-2 dan 24 mahasiswa S-3 serta para dosen mengikuti upacara dengan khidmat, baik secara fisik maupun online di sejumlah lokasi sekitar lingkungan kampus.

”Dalam amanatnya Menhan berpesan agar para mahasiswa Unhan benar-benar memanfaatkan kesempatan dan beasiswa yang diberikan oleh Negara untuk belajar keras dan memberikan kontribusi nyata bagi kesejahteraan bangsa Indonesia,” ujar Rektor Unhan Laksmana Madya TNI Amarulla Octavian dalam keterangan tertulisnya yang diterima SINDOnews, Sabtu (29/8/2020). (Baca juga: Megawati Bersama Prabowo Hadiri Pembukaan Program Pendidikan Mahasiswa Unhan)

Menurut Octavian, upacara kali ini terasa istimewa dibandingkan tahun-tahun sebelumnya karena kehadiran Ketua Dewan Pengarah Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP) Megawati Soekarnoputri yang menyampaikan orasi kebangsaan kepada seluruh peserta upacara. (Baca juga: Pesan Penting Megawati Soekarnoputri kepada Mahasiswa Doktoral Unhan)

Dalam orasinya, Presiden RI kelima ini membahas secara lugas nilai-nilai luhur Pancasila dan implementasinya kepada generasi milenial. ”Materi orasi benar-benar menyentuh hati para mahasiswa dan mendapat apresiasi yang luar biasa dari para dosen serta segenap sivitas akademika Unhan,” kata Octavian.

Prabowo Minta Kadet Mahasiswa Unhan Beri Kontribusi bagi Kesejahteraan Bangsa


Octavian mengakui, harapan besar memang ditambatkan ketika dibukanya strata S-1 di Unhan. Belum lagi dengan adanya Menhan dan Presiden ke 5 RI yang turut serta mendukung Unhan. "Harapan besar bagi kami di Unhan untuk terus mendidik kadet mahasiswa sebaik-baiknya dan memenuhi harapan seluruh masyarakat Indonesia," tuturnya. (Baca juga: Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto Tempuh Studi S-3 di Universitas Pertahanan)

Seusai mengikuti upacara, para Kadet Mahasiswa S-1 melaksanakan demostrasi keterampilan militer seperti bongkar pasang senjata baik pistol maupun senapan dengan kondisi mata tertutup dan demonstrasi olahraga beladiri Pencak Silat berupa jurus-jurus perkelahian dan pematahan benda-bendakeras.

Turut hadir dalam rangkaian upacara pendidikan tersebut yakni, KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa, Kasum TNI Letnan Jenderal TNI Joko Supriyanto, Dirjen Dikti Kemendikbud Nizam, Ketua Komisi I DPR Meutya Hafidz, Wakil Komisi I DPR Utut Adianto, pengamat militer dan intelijen Susaningtyas Kertopati.

Termasuk para pejabat Kemenkes, Kemenkominfo, Kemhan, Mabes TNI, Mabes Angkatan, BIN, Polri, BSSN, BNPT, BNPB serta perwakilan dari UI dan IPB. Serta seluruh orang tua Kadet Mahasiswa S-1 dan undangan lainnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2863 seconds (0.1#10.140)