Jalin Kerja Sama, Polri Komitmen Bantu Kepolisian Palestina

Selasa, 17 Desember 2019 - 21:22 WIB
Jalin Kerja Sama, Polri Komitmen Bantu Kepolisian Palestina
Jalin Kerja Sama, Polri Komitmen Bantu Kepolisian Palestina
A A A
JAKARTA - Polri menjalin kerja sama dengan Kepolisian Palestina. Kerja sama ini sebagai bukti komitmen Korps Bhayangkara mendukung kebijakan Pemerintah Indonesia terkait isu Palestina.

Delegasi Polri dipimpin Kadivhubinter Polri Irjen Pol Maltha didampingi Dubes RI di Amman, Andy Rachmianto serta Karo Misinter DHI Brigjen Pol Krishna Murti. Sementara, Kepolisian Palestina dihadiri Mayor Jenderal Hazem Attallah.

"Menegaskan dukungan Polri terhadap kebijakan pemerintah RI dalam isu Palestina, Polri mengirimkan wakilnya untuk melaksanakan asesmen kerja sama dengan Kepolisian Palestina," kata Kadiv Humas Polri Irjen Mohammad Iqbal dalam keterangan tertulisnya kepada awak media, Selasa (17/12/2019).

Iqbal mengungkapkan, dalam pertemuan tersebut juga dibahas soal rencana kerja sama antara kedua kepolisian. Kerja sama penanggulangan transnational crime, di antaranya terorisme, cyber crime, dan penyalahgunaan narkoba

"Bantuan ini bukan yang pertama kali diberikan oleh Polri. Pada 2016, sebanyak 10 personel Kepolisian Palestina telah dilatih Polri untuk melakukan investigasi tindak pidana kejahatan siber," tutur mantan Wakapolda Jawa Timur tersebut.

Menurut Iqbal, pada kesempatan itu juga membahas tentang penyiapan personel NCB Interpol Palestina, setelah berhasil bergabung dengan organisasi kerja sama kepolisian tersebut dengan dukungan penuh Indonesia tahun 2017.

"Kedua belah pihak setuju untuk segera merealisasikan kerja sama tersebut awal tahun 2019, yang dimulai dengan pengiriman beberapa personel kepolisian Palestina ke Indonesia untuk berlatih kemampuan taktis kepolisian serta pelatihan petugas NCB Interpol Palestina," paparnya.Pertemuan ini juga merupakan pemenuhan atas komitmen yang pernah disampaikan Tito Karnavian pada tahun 2018 yang ketika menjabat sebagai Kapolri. Selanjutnya Polri mengundang Kepala Kepolisian Palestina untuk datang berkunjung ke Indonesia untuk penandatanganan nota kesepahaman antara kedua belah pihak.
(poe)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6708 seconds (0.1#10.140)