Publik Puas Kinerja Polri di Bidang Kamtibmas

Senin, 16 Desember 2019 - 20:08 WIB
Publik Puas Kinerja Polri di Bidang Kamtibmas
Publik Puas Kinerja Polri di Bidang Kamtibmas
A A A
JAKARTA - Tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Polri dalam bidang kamtibmas meningkat selama 2019. Hasil survei Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) awal Desember 2019 menunjukkan tingkat kepuasan publik terhadap pelayanan Polri di bawah Kapolri Jenderal Pol Idham Azis sebesar 81,9%.

Survei dilakukan sejak 1-14 Desember 2019 dengan jumlah sampel 750 responden. Mereka tersebar di berbagai provinsi dengan margin of error 3,5% dan tingkat kepercayaan 95%. Usia responden antara 19 sampai 60 tahun. Metode penelitian menggunakan multistage random sampling.

"Kami melihat publik puas dengan kinerja Polri dalam bidang Kamtibmas," kata Direktur Eksekutif Lemkapi, Edi Hasibuan di Jakarta, Senin (16/12/2019).

Menurut dia, publik memberi alasan puas antara lain karena melihat sinergitas kapolri dan panglima TNI yang bagus dari atas sampai ke lapisan bawah. Juga pelaksanaan visi misi kebijakan keamanan Presiden Jokowi yang sudah diterapkan sampai ke desa desa. "Penyebaran Babinkamtibmas yang semakin banyak di berbagai desa mendapat sambutan yang bagus dari publik," ujarnya.

Hasil survei lainnya terdapat 10,6% publik belum sepenuhnya puas dan menginginkan Polri terus berbenah diri. Polri diharapkan terus meningkatkan kinerja dalam bidang reserse dan pelayanan lalu lintas di jalan raya. “Sedang 7,5% lainnya publik tidak memberikan komentar dengan alasan masih ingin melihat kinerja Polri dalam tiga bulan mendatang setelah dijabat kapolri baru,” tuturnya.
(poe)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4211 seconds (0.1#10.140)