alexametrics

10 Budaya Indonesia Diakui Dunia, Pemerintah Harus Melestarikannya

loading...
10 Budaya Indonesia Diakui Dunia, Pemerintah Harus Melestarikannya
Anggota Komisi X DPR Putra Nababan. (Foto/Dokumen Pribadi)
A+ A-
JAKARTA - Komisi X DPR mengaku bangga jika 10 tradisi budaya Indonesia bisa masuk warisan budaya UNESCO. Namun DPR ingin, pemerintah dan semua pihak berkomitmen menjaga dan melestarikan tradisi serta budaya bangsa, agar tetap eksis dan utuh.

"Ya saya rasa kalau dalam hal ini kita berbangga, kita lihat warisan budaya UNESCO, kita melihat juga Borobudur yang masuk di sana. Tentunya ini menjadi tantangan, bagaimana warisan budaya bukan hanya dihargai oleh UNESCO, dunia, tapi juga dihargai oleh kita. Itu selalu menjadi tantangan," kata Anggota Komisi X DPR Putra Nababan kepada Koran SINDO di Jakarta, Jumat (13/12/2019).

Putra menjelaskan, yang dimaksud menghargai tradisi dan budaya itu adalah, bukan hanya mengapresiasi tetapi juga merawat tradisi dan kebudayaan itu. Sehingga diperlukan anggaran, peraturan dan komitmen untuk merawat tradisi dan kebudayaan Indonesia yang sudah diakui dunia.



"Contohnya Borobudur, saya baru dari Borobudur, ternyata Borobudur itu adalah super prioritas pariwisata, tapi dalam waktu yang sama masuk warisan UNESCO juga, ini kan jadi conflicting. Kalau UNESCO itu jadi warisan dunia, itu kan harus kita rawat. Sementara Borobudurnya kalau menjadi objek pariwisata itu kan diinjak-injak? Bagaimana kita merawatnya tapi juga dari sisi yang lain juga jadi objek wisata. Nah ini jadi konflik," urainya.

Adapun komitmen pemerintah untuk melestarikan budaya dan tradisi, Putra melihat, era Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini, tradisi dan kebudayaan cukup diperhatikan. Buktinya saja, Jokowi berserta kabinet selalu mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah untuk acara kenegaraan.

Jokowi juga merayakan Idul Fitri di berbagai daerah, tidak hanya di Jakarta. "Ini adalah suatu komitmen, suatu upaya presiden dan jajarannya untuk bagaimana melestarikan budaya kita, melestarikan adat istiadat kita, dan lain sebagainya. Jadi kalau menurut saya justru jadi lebih maju, komitmennya itu jelas, dan itu ada," terang Putra.

Namun demikian, Putra mengakui bahwa pelestarian tradisi dan budaya Indonesia ini belum menjadi prioritas pemerintah karena, prioritas pemerintah saat ini juga sudah terlalu banyak.

Sehingga sambungnya, pemerintah harus melakukan langkah konkret terkait dengan pelestarian tradisi dan budaya Indonesia ini, terutama dari sisi pengawasan dan juga anggaran. "Ini yang menurut saya perlu ada komitmen dari pemerintah dan tentunya dari DPR juga supaya bisa fokus pada heritage Indonesia," jelasnya.

"Jadi saya rasa kalau kita mendapatkan penghargaan seperti itu, alokaso dari UNESCO seperti itu bagus tapi, dari sisi kitanya bagaimana? Mem-follow up dan menindaklanjuti. Jangan sekadar penghargaan saja," tambah politikus PDIP itu.

kiswondari
(maf)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak