Calon Pemimpin Potensial Bisa Diperhatikan dari 3 Hal Ini

Kamis, 12 Desember 2019 - 17:31 WIB
Calon Pemimpin Potensial Bisa Diperhatikan dari 3 Hal Ini
Calon Pemimpin Potensial Bisa Diperhatikan dari 3 Hal Ini
A A A
JAKARTA - Calon pemimpin potensial dinilai punya tiga hal yang bisa diperhatikan, pertama melalui pemikiran, kedua mensinergikan apa yang dikerjakan dengan pemerintah, dan ketiga jika dibutuhkan, masuk dan melakukan perubahan dari dalam.

Hal ini dikatakan pendiri dan Presdir ID Next Leader (IDNL), Ferro Ferizka. Menurutnya, perlu usaha mencari, mengakselerasi, dan menjejaringkan pemimpin-pemimpin potensial Indonesia di masa mendatang, di berbagai sektor, dari berbagai tingkatan.

"IDNL ingin menjadi sebuah Gerakan yang bisa menghimpun para calon pemimpin, pemikir, dan innovator, dari berbagai latar belakang, yang nantinya akan kami jembatani supaya mereka bisa menciptakan perubahan bagi Indonesia," kata Ferro Ferizka, Kamis (12/12/2019).

"Baru sebulan berdiri, IDNL sudah berhasil menarik minat 37 mentor/tokoh senior yang berasal dari berbagai latar belakang, 200 lebih pemimpin potensial, 2 IDNL regional di Jawa Tengah dan Sumatera Utara. Tren ini adalah bukti IDNL diterima secara positif oleh masyarakat Indonesia," sambungnya.

Ferro menjelaskan, IDNL berusaha menjembatani para pemimpin potensial tersebut, untuk menciptakan perubahan, melalui tiga cara, pertama melalui pemikiran, kedua mensinergikan apa yang dikerjakan dengan pemerintah, dan ketiga jika dibutuhkan, masuk dan melakukan perubahan dari dalam.

Tentang Event IDNL x FEM 12 Desember 2019 ini, IDNL berkolaborasi dengan FEM mengadakan event yang diberi nama 'Renewable Energy: Harga Mati'. Event ini diadakan untuk memberikan wawasan mengapa Renewable Energy adalah wajib, dilihat dari
perspektif dampak terhadap lingkungan.

"Pemahaman mengenai EBT dari perspektif pelaku industri, wawasan mengenai nilai ekonomis dari EBT itu sendiri, dan Pemahaman mengapa kita perlu menumbuhkan nilai-nilai kepemimpinan dalam sektor EBT kepada generasi saat ini," ucap Ferro.

Pada event kali ini IDNL dan FEM akan menghadirkan enam pembicara yang akan dimoderasi oleh Hokkop Situngkir, yang meerupakan Direktur PT Waskita Sangir Energi dan juga Executive Director IDNL. Hokkop juga tokoh nasional yang aktif mengadvokasi renewable energi di Indonesia.

"Energi Baru terbarukan bukan pilihan tapi keharusan. Untuk itu, saya sangat ingin membawa diskusi ini ke tingkat nasional dan menghadirkan sahabat-sahabat saya yang memang sudah berkecimpung di dalamnya," ungkap Hokkop Situngkir.

"Energi fosil adalah masa lalu, akan segera habis. Sebagai pemimpin, kita harus bertanya, Habis ini Apa? What’s Next? Renewable Energy inilah ‘The Next Big Thing’ dunia. Diskusi seperti ini akan sering saya inisiasi ke depannya," tambahnya.

Acara akan dibuka oleh Arya Sinulingga selaku Staf Khusus Kementerian BUMN dan juga Komisaris INALUM. "Saya mendukung penuh kegiatan positif seperti yang dilakukan Ferro dan Hokkop. Hal ini perlu lebih banyak, lebih sering. Dan lebih massif," ungkap Arya.

Diketahui, ID Next Leader (IDNL) adalah sebuah gerakan strategis, nonprofit, dengan semangat untuk: mencari, mengakselerasi, dan menjejaringkan pemimpin-pemimpin potensial Indonesia di masa mendatang, di
berbagai sektor, dan berbagai tingkatan.

Di lain sisi, Forum Energi Muda merupakan sebuah forum diskusi dan networking bagi mereka yang memiliki ketertarikan dan/atau terlibat di sektor energi. IDNL didirikan leh Ferro Ferizka dan Hokkop Situngkir.

Sedangkan Forum Energi Muda diinisiasi oleh awardee LPDP yang tergabung dalam LPDP Energy Related Studies, namun tidak bersifat eksklusif hanya untuk LPDP awardee.

Pembicara pada event ini ada 6, berdasarkan keahlian dan pengalaman mereka masing-masing, pertama Rida Mulyana selaku Direktur Jenderal Ketenagalistrikan, Kementerian ESDM. Kedua Adhityani Putri selaku Direktur Eksekutif Yayasan Indonesia Cerah (sebelum nya dikenal dengan CERA- Centre for Energy Research Asia).

Ketiga Kirana Sastra Wijaya selaku Senior Partner Umbra Law. Keempat Refi Kunaefi, selaku Managing Director Akuo Energy Indonesia. Kelima Lukman Adi Prananto selaku Vice President Strategic Investment dan Partnership PT PP Energi. Keenam Florian Kitt, merupakan seorang energy specialist yang berasal dari Jerman.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0117 seconds (0.1#10.140)