alexametrics

Beritakan yang Objektif, Kemendagri: Peran Penting Media dalam Pilkada

loading...
Beritakan yang Objektif, Kemendagri: Peran Penting Media dalam Pilkada
MNC Media meluncurkan Program Pemilu Rakyat 2020 di Gedung iNews Tower, Jakarta, Kamis (12/12/2019). Foto/SINDOnews/Raka Dwi N
A+ A-
JAKARTA - Dirjen Politik dan Pemerintahan Kemendagri Bahtiar mengatakan bahwa peran media dalam menyukseskan pemilu dari proses hingga hasilnya merupakan bagian penting. Dirinya mengibaratkan, jika tak ada media dalam proses pemilu bagaikan sayur tanpa garam.

"Kita tentu berharap banyak kepada media, saya bilang tadi, pilkada tanpa media ibarat sayur tanpa garam. Kenapa? Ya sepi-sepi banget," ujar Bahtiar usai menghadiri peluncuran program Pemilu Rakyat 2020 di Gedung iNews Tower, Jakarta, Kamis (12/12/2019).

Bahtiar menyebut bahwa pemilu memiliki arti pesta demokrasi. Maka, perayaan kemeriahan itu harus melibatkan seluruh elemen masyarakat tanpa terkecuali media, dalam hal ini MNC Media.



"Jadi jangan membawa pilkada itu sesuatu yang menyeramkan, harus riang gembira. Jadi orang ya ada. Perbedaan gagasan silakan, media ini lah yang memberikan pendidikan bagi kita semua, gagasan di ruang publik," jelasnya.

Maka dari itu dirinya berharap kepada media untuk dapat membuat pemberitaan yang positif untuk demokrasi ke depan yang lebih baik.

"Nah saya berharap rekan-rekan media ini memang andalan kita yang mampu menggiring produksi opini positif. Jangan media mainstream ini ikut larut kepada isu-isu yang tidak substantif. Justru harus banyak diungkap," ungkapnya.

Ditempat yang sama, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Abhan menyebut bahwa peran media sangat diperlukan, sebab masyarakat di pelosok belum tentu bisa dengan cepat mendapat informasi yang sedang ramai di kota.

"Makanya harus media yang punya akses informasi ya meluruskan apa yang menjadi polemik.Harus diimbangi dengan berita yang objektif," kata Abhan.

Sebelumnya, MNC Media meluncurkan Program Pemilu Rakyat 2020 di iNews Tower, Jakarta. Acara yang rencananya dihadiri oleh Menko Polhukam Mahfud MD, Ketua Bawaslu Abhan, Kadiv Humas Polri Irjen Pol M Iqbal ini didedikasikan oleh MNC Media untuk turut menyukseskan pelaksanaan Pilkada Serentak 2020.
(pur)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak