Tolak Tradisi 1 Periode, PAN Dinilai Ingin Putus Dominasi Amien Rais

Rabu, 11 Desember 2019 - 10:48 WIB
Tolak Tradisi 1 Periode, PAN Dinilai Ingin Putus Dominasi Amien Rais
Tolak Tradisi 1 Periode, PAN Dinilai Ingin Putus Dominasi Amien Rais
A A A
JAKARTA - Sambutan Ketua Dewan Kehormatan DPP Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais dalam Rakernas partai beberapa waktu dinilai sinyal bahwa memang tak ada tradisi dua periode bagi Ketum PAN.

"Makanya Amien Rais agak sedikit menyindir orang yang teriak lanjutkan itu," ujar Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno kepada SINDOnews, Selasa (11/12/2019). (Baca juga: Amien Rais Marahi Kader PAN Karena Dukung Zulhas )

Menurut Adi, sepertinya Amien tidak happy dengan Ketua Umum Zulkifli Hasan yang mendukung Jokowi tanpa syarat. Hal ini mungkin menjadi sinyalemen tidak akan mendukung pria yang akrab disapa Zulhas untuk periode kedua.

Namun di saat yang bersamaan, menurut Adi, kader-kader PAN hampir mayoritas di seluruh provinsi mendukung Zulhas. Dikabarkan 30 DPW mayoritas itu ingin mendukung Zulhas kembali menjadi Ketum PAN, tentu ada kecenderungan sikap politik Amien akan dilawan oleh DPW-DPW tersebut.

Dia melanjutkan jika dulu apa yang disampaikan dan dikatakan Amien cenderung samina waato'na, namun tampaknya untuk Kongres PAN ke depan DPW punya sikap politik yang berbeda.

"Ini tentu menjadi sinyalemen bagi Pak Amien di mana petuah politiknya mungkin akan tidak akan terlampau dominan, karena suka tidak suka sikap politik Pak Amien sering menyulitkan PAN," jelasnya.

Adi berpandangan meski pengaruh Amien di PAN tak luntur namun ada kecenderungan di internal PAN sudah mulai ingin mengurangi dominasi Amien serta ingin membawa kembali pulang sejumlah elite-elite yang selama ini turut serta membesarkan PAN seperti mantan Ketua Umum Hatta Rajasa dan Sutrisno Bachir.

Menurut Adi, bahwa Pileg 2019 lalu menjadi pelajaran penting bahwa PAN tidak naik itu bukan hanya karena sikap kritisnya terhadap pemerintah tetapi manuver Amien Rais sering kali dianggap irasional. (Baca juga: Zulhas Didukung 28 DPW PAN, Mulfachri Harahap Didukung Amien Rais )

"Misalnya di Jawa Tengah, nggak dapat satupun kursi dewan, ini menjadi pukulan bahkan hukuman bagi PAN yang disinyalir karena sikap politik Pak Amien Rais yang seringkali berbeda," tandas Analis Politik asal UIN Jakarta ini menandaskan.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3381 seconds (0.1#10.140)