Begini Gaya Ganjar Padukan Baju Padang dan Sarung Makassar saat Kamis Nusantara

Jum'at, 28 Agustus 2020 - 10:05 WIB
loading...
Begini Gaya Ganjar Padukan Baju Padang dan Sarung Makassar saat Kamis Nusantara
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengenakan baju Padang dan Sarung Makassar saat Kamis Nusantara, Kamis (27/8/2020). FOTO : Dok Humas Pemprov Jateng
A A A
SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo selalu tampil nyentrik mengenakan beragam pakaian adat nusantara setiap pekan hari Kamis pekan keempat.

Setelah Kamis pekan keempat bulan lalu Ganjar tampil keren dengan baju adat Dayak Kenyah asal Kalimantan, pada Kamis (27/8/2020) Ganjar tampil ganteng dengan balutan baju adat Melayu. Bedanya, kali ini ia memilih memadukan beberapa pakaian adat di hari Kamis Nusantara itu.

Dari baju yang dipakai, Ganjar memilih baju adat Padang. Baju koko berwarna merah itu ia pakai dengan celana panjang berwarna serupa. Namun, ikat kepala yang ia pakai bukanlah pasangan dari baju adat asal Padang, melainkan dari daerah lain. Sementara sarungnya, ia memilih memakai sarung dari Makassar.

"Ini baju adat Melayu, tapi Melayunya mana ya ini, saya lupa. Soalnya saya punya koleksi baju Melayu banyak, ada dari Bengkulu, Sumatera Barat, Riau dan lainnya," ungkap Ganjar

Saking banyaknya koleksi baju adat nusantara miliknya, Ganjar mengatakan kadang kebingungan saat hendak mengenakannya. Misalnya hari ini, saat ia mengenakan baju adat Padang, ia mencari sarung pasangannya tidak ketemu.

"Saya cari sarungnya ndak ketemu, makanya saya pakai sarungnya ini dari Makassar. Yang penting gayanya seperti orang Melayu kan. Soalnya saya punya banyak, termasuk ada dari Kalimantan Barat itu juga mirip-mirip," jelasnya sambil tertawa.

Ia mengutarakan memang gemar mengoleksi baju adat nusantara. Uniknya, semua baju adat itu ia beli sendiri di tempatnya masing-masing. Saat berkunjung ke suatu daerah, cideramata yang selalu dicari saat ini adalah baju adat.

"Saya itu kalau pergi ke suatu daerah, selalu mencari souvenir apa yang paling unik. Kalau dulu saya hobi koleksi kaos oblong, sekarang mulai tertarik mengoleksi baju adat nusantara. Soalnya, setiap Kamis pekan keempat di Pemprov Jateng kan pakai baju adat nusantara, makanya saya kumpulkan. Setiap kunjungan ke beberapa daerah, saya pasti cari dimana toko yang jual baju adat, langsung saya beli," terang dia.

Meski hobi mengoleksi baju adat nusantara, namun Ganjar mengatakan tidak begitu memahami secara detil filosofi dari baju-baju yang ia kenakan itu. Namun menurutnya, pasti semua baju adat memiliki filosofi yang menarik untuk dikaji.

"Saya nggak tahu filosofisnya, yang menarik bagi saya adalah karya budayanya. Umpama ikat kepala ini, saya ndak tahu namanya apa, tapi dari bentuk dan cara mengikatnya seperti ini, pasti punya makna filosofis yang mendalam. Saya senang saja, kualitas kainnya bagus-bagus dan warnanya beragam," jelasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2108 seconds (0.1#10.140)