alexametrics

Hari Antikorupsi Sedunia

Tiga Menteri Jokowi Beradu Akting, Erick Thohir Jadi Tukang Bakso

loading...
Tiga Menteri Jokowi Beradu Akting, Erick Thohir Jadi Tukang Bakso
Tiga menteri Jokowi, yakni Menteri BUMN Erick Thohir, Mendikbud Nadiem Makarim, dan Menparekraf Wishnutama saat bermain drama di SMK Negeri 57 Jakarta, Senin (9/12/2019). Foto/Twitter Itjen Kemendikbud
A+ A-
JAKARTA - Memperingati Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia), Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri Pentas #Prestasi TanpaKorupsi, yang digelar di SMK Negeri 57, Pasar Minggu, Jakarta, Senin (9/12/2019) pagi.

Ada yang spesial dalam acara itu. Tiga menteri Jokowi, yakni Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadhiem Makarim dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama berakting alias beradu peran dalam sebuah drama.

Menteri BUMN berperan sebagai tukang bakso, Mendikbud berperan sebagai siswa kelas I SMA, dan Menparekraf berperan sebagai siswa kelas XII atau kelas 3 SMA.



“Pak Mendikbud, Mas Menteri Dikbud, Mas Nadiem Makarim. Saya tadi ketemu di depan, saya pikir kelas 3, ternyata kelas 1,” kata Presiden Jokowi mengomentari peran Mendikbud dalam pentas tersebut.

Mulai Dari Hal Kecil Dalam sambutannya Presiden Jokowi mengatakan, pesan penting yang bisa ditangkap dari pentas tersebut adalah yang namanya korupsi itu tidak boleh. Sekecil apapun itu tetap korupsi. Tidak gede, tidak kecil, tidak boleh! Yang kedua yang namanya KKN; korupsi, kolusi, nepotisme tidak boleh.

“Anak-anak harus tahu mengenai ini. Karena korupsilah yang banyak menghancurkan kehidupan kita, kehidupan negara kita, kehidupan rakyat kita,” ujar Presiden Jokowi seperti dikutip dari setkab.go.id.

Bersama ketiga menteri itu, komedian Sogi Indra Dhuaja dan Bedu ikut meramaikan drama bertajuk #PrestasiTanpaKorupsi.

Drama dimulai dengan Nadiem dan Sogi yang berdialog mengenai uang kas untuk belanja bakso. Nadiem lantas mengingatkan agar tidak memakai uang yang jadi amanah itu.

Lantas, ketiganya pun memasan bakso ke Erick Thohir. "Bang Thohir, pesan bakso pakai akhlak," ujar Wisnutama disambut tepuk tangan riuh dari penonton, seperti ditulis Okezone.

"Elu udah tahu mau kuliah di mana? Lu enggak tahu bapak gue siapa. Bapak gue pejabat. ‘Pak, Bedu mau kuliah nih kasih kampus paling favorit di Indonesia’. Pakai koneksi bapak gue, selesai," kata Bedu ke Wisnutama.

"Yaelah bro hari gini masih ada elu pakai nepotisme. Koneksi-koneksian kagak zaman bro," timpal Wisnutama.

Tak lama kemudian, bakso pesanan Wisnutama pun dihidangkan Erick Thohir. Lantas Menteri BUMN itu ikut menimpali percakapan antara Wisnutama dan Bedu.

"Jangan mentang-mentang anak bos malah manfaatin fasilitas, relasi. Namanya nepotisme. Entar kalau elu udah gede, terus jadi Dirut, malah nitip barang-barang lu. Tukang bakso aja ngerti yang beginian," ujar Erick membuat penonton terkekeh.

Aksi drama ini pun diakhiri dengan bel yang berbunyi yang menandakan jam pelajaran akan segera dimulai. Tampak para penonton terpingkal-pingkal dengan drama singkat yang dilakukan para menteri itu termaksud Presiden Jokowi.
(dam)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak