alexametrics

Kongres GMNI XXI Putuskan Pecat Ketum dan Sekjen

loading...
Kongres GMNI XXI Putuskan Pecat Ketum dan Sekjen
Ketua Umum (Ketum) Robaytullah Kusuma Jaya dan (Sekretaris Jenderal) Clance Teddy beserta tujuh pengurus DPP GMNI lainnya, tak hadiri sidang Pleno V. (Foto/Istimewa)
A+ A-
JAKARTA - Ketua Umum (Ketum) Robaytullah Kusuma Jaya dan (Sekretaris Jenderal) Clance Teddy beserta 7 pengurus DPP Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) lainnya, tak hadiri sidang Pleno V, yang membahas mengenai pelaporan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) DPP GMNI 2017-2019.

Penyelenggaraan Kongres XXI GMNI di Kota Ambon dilaksanakan oleh Badan Pekerja Kongres yang diketuai oleh Karlely Martinus (GMNI Ambon) mengatakan, ketidakhadiran ketum, Sekretaris Jenderal dan 7 Pengurus DPP lainnya tentu sangat disayangkan oleh seluruh pihak.

"Ketum dan sekjen justru mengambil sikap yang tidak menghargai forum kongres yang merupakan forum tertinggi di organisasi ini. Peserta forum Sidang Pleno V Kongres GMNI XXI juga menyatakan dan memutuskan untuk melakukan pemecatan," kata Karlely, Selasa (3/12/2019).



"Sebagai bentuk pendisiplinan terhadap Kader GMNI Bung Roybatullah Kusuma Jaya dan Bung Clance Teddy karena tidak dapat mempertanggung jawabkan LPJ DPP GMNI 2017-2019 di dalam Ruang Sidang Pleno V Kongres GMNI XXI di Kristiani Center, Ambon," sambungnya.

Karlely menegaskan, ketum dan sekjen GMNI tidak mencerminkan sebagai kader GMNI yang mampu menjaga marwah GMNI untuk senantiasa menjaga keutuhan didalam tubuh GMNI.

"Apalagi mereka sebagai pimpinan tertinggi GMNI seharusnya memberikan contoh kepada kader GMNI lainnya bukan malah mengajak pengurus DPP lainnya untuk lari dari tanggung jawab dalam mengikuti forum Kongres GMNI XXI," tegasnya.

"Selain itu bung Roy dan Bung Clance Teddy justru membuat kongres tandingan yang tidak sesuai dengan tata tertib forum kongres dan AD/ART," tambahnya.

Dijelaskan Karlely, Banyak pihak yang mengutuk langkah inkonstitusional tersebut, apalagi mereka juga memaksa beberapa DPC, DPD definitif dan caretaker untuk mengikuti forum kongres tandingan yang dilaksanakan di Hotel Amaris, Ambon dengan suasana sangat mencekam.

Kongres tandingan yang digelar di Hotel Amaris, Ambon mengklaim terpilihnya Bung Arjuna sebagai Ketum dan Bung Dendy sebagai Sekjen DPP GMNI 2019-2021. Sementara itu, Kongres GMNI XXI di Kristiani Center, Ambon berjalan dengan kondusif dan diikuti oleh 72 DPC Definitif, 7 DPD Definitif, 16 DPC Caretaker, dan 1 DPD Caretaker.

Kongres Kemaritiman GMNI XXI mempertegas posisi kedaulatan maritim Indonesia untuk kepentingan nasional berbasis kepulauan berdasarkan pancasila, resmi ditutup oleh Gubernur Irjen Pol (Purn) Drs Murad Ismail di Gedung Kristiani Center.
(maf)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak