alexametrics

Jokowi Minta Semua Kebijakan Harus Berlandaskan Pancasila

loading...
Jokowi Minta Semua Kebijakan Harus Berlandaskan Pancasila
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekankan, soal pentingnya penanaman nilai-nilai Pancasila dari berbagai segi kehidupan berbangsa dan bernegara. Foto/SINDOphoto/Dok
A+ A-
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekankan pentingnya penanaman nilai-nilai Pancasila di berbagai segi kehidupan berbangsa dan bernegara. Dia menegaskan ideologi Pancasila harus dipegang oleh para pimpinan kementerian maupun lembaga.

"Kepemimpinan harus memiliki ideologi tanpa disampaikan tapi rasa memiliki ideologi kelihatan. Tidak mungkin negara sebesar Indonesia bisa kokoh bersatu seperti ini kalau ideologinya berbeda-beda. Mau ke mana kita? Kita ke Utara, Selatan, Timur, Barat? Mau ke mana? Ini pentingnya ideologi," kata Jokowi saat memberikan presidential lecture tentang internalisasi dan pembumian Pancasila di Istana Negara, Jakarta, Selasa (3/12/2019).

Dia pun meminta agar dalam kebijakan maupun produk hukum yang dibuat nampak ideologi Pancasila. Dia menuturkan bahwa kebijakan yang dikeluarkannya semua erat kaitannya dengan nilai-nilai Pancasila.



"Saya berikan contoh urusan yang misalnya berkaitan dengan Kartu Indonesia Sehat, Kartu Indonesia Pintar, PKH, itu ada ideologinya? Tanya ke saya saja, ada. Lihat lebih dalam lagi ada apa di situ? Peri kemanusiaan ada di situ," tuturnya.

Kebijakan lainnya yang pancasilais adalah BBM satu harga. Menurutnya itu bagian dari Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indinesia.

"Infrastruktur, jangan dilihat tidak ada ideologinya. Orang hanya melihat urusan ekonominya, tidak. Ini adalah mempersatukan, di situ ada persatuannya," ujarnya.
(maf)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak