alexametrics

Pascaledakan di Monas, Mantan Kasum TNI Posting Video Granat Asap

loading...
Pascaledakan di Monas, Mantan Kasum TNI Posting Video Granat Asap
Akun Instagram milik mantan Kasum TNI Letjen (Purn) Johanes Suryo Prabowo menjelaskan soal granat asap. Foto/Ist
A+ A-
JAKARTA -
Peristiwa ledakan di area Monas, Jakarta Pusat, menyebabkan dua anggota TNI Serma Fajar Arisworo dan Praka Gunawan Yusuf mengalami luka parah. (Baca juga: Kapolda Metro Jaya Sebut Ledakan di Monas dari Granat Asap)

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Gatot Eddy Pramono menyebut, ledakan berasal dari granat asap milik anggota Polri yang tertinggal. "Diduga granat asap yang meledak," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Gatot Eddy di Monas, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (3/12/2019). (Baca juga: Reaksi Menhan Prabowo Tanggapi Insiden Ledakan di Monas)

Namun, pernyataan tersebut menimbulkan tanda tanya di masyarakat. Bahkan, mantan Kasum TNI Letjen (Purn) TNI Johannes Suryo Prabowo dalam akun Instagram miliknya menampilkan video mengenai granat asap. Dalalm postingannya Suryo juga menjelaskan tentang karakteristik granat asap.
Granat Asap tidak meledak, namun menyemburkan asap dan mengaktifkannya hanya bisa dilakukan dengan mencabut ring pengamannya, dan untuk versi militer masih harus melepas tuas pengamannya.



Pada saat demonstrasi terjun payung granat asap ini kadang diikatkan pada kaki peterjun agar dia bisa terlihat oleh penonton yang menyaksikan di bawah.


Terkait hal itu, sejumlah netizen memberikan tanggapan yang beragam di antaranya, akun Ineumaul. "Terima kasih infonya Jenderal," ucapnya.

Demikian juga akun bernama, Bundanyafarrel. "Makasih ilmunya Jenderal. Jadi tau kalo granat asap itu kayak apa," ujarnya.
(cip)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak