Laman Guru Berbagi Anak Didik yang Dorong Guru Lebih Kreatif

Sabtu, 02 Mei 2020 - 11:26 WIB
loading...
Laman Guru Berbagi Anak Didik yang Dorong Guru Lebih Kreatif
Laman Guru Berbagi Anak Didik yang Dorong Guru Lebih Kreatif
A A A
JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), beberapa waktu lalu meluncurkan laman guruberbagi.kemdikbud.go.id untuk membantu para guru di Indonesia dalam melaksanakan pembelajaran berbasis daring (online) pada masa darurat Corona Virus Disease (Covid-19).

Dengan adanya laman guruberbagi.kemdikbud.go.id, guru dan penggerak pendidikan dapat saling berbagi melalui Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan inspirasi praktik pendidikan, khususnya pendidikan jarak jauh saat dianjurkan untuk belajar dan mengajar di rumah.

“Sejak ramai Virus Covid-19 ini, banyak yang mempertanyakan, bagaimana kesiapan Kemendikbud soal arahan belajar online ini. Nah, kami meluncurkan laman ini untuk membantu para guru dalam mempraktikkan kegiatan belajar mengajar melalui online. Di sini para guru bisa saling bertukar informasi, bagaimana cara mengajar berbasis online ini,” kata Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus, Praptono.

Ia menjelaskan, laman ini hadir sebagai ruang berbagi ide dan praktik baik yang akan menunjang pembelajaran selama belajar dari rumah (BDR) atau selama masa darurat. Menurut Praptono, laman Guru Berbagi dapat mendorong ide kreatif dalam proses pembelajaran oleh guru selama kebijakan belajar dari rumah berlangsung. Laman ini dapat menyediakan ruang bagi para guru untuk saling berbagi RPP. “Dengan kondisi pandemi Covid-19 ini, kita butuh imajinasi baru supaya pembelajaran dapat tetap terjadi. Kita butuh inovasi-inovasi,” ujarnya.

Salah satu sekolah di Bali, yakni Sekolah SMAN 1 Kota Utara, Badung, Bali telah menerapkan sistem belajar online kepada anak muridnya. Menurut I Gusti Nyoman Kepala Sekolah mengungkapkan kegiatan belajar mengajar di tempatnya berjalan sangat efektif. Menurutnya, kegiatan belajar online lebih menarik dan anak-anak lebih kreatif, karena memiliki waktu lebih lama dari pada di sekolah.

“Namun di sini guru memang dituntut harus lebih kreatif dalam kegiatan mengajar. Ternyata anak didik di sini lebih kreatif. Dalam kegiatan belajarnya dibutuhkan inovasi dari para guru, agar kegiatan belajar mengajar berjalan dengan baik,” ujarnya saat dihubungi Koran Sindo.

“Misalnya, mereka kami beri tugas membuat presentasi atau poster, ternyata mereka buat dengan lebih kreatif. Guru di sini juga dituntut harus dapat memberikan materi yang memotivasi murid untuk lebih baik lagi. Kegiatan belajar kami menggunakan chrome book, jadi nanti guru akan memberikan tugas ke anak murid di classroom. Mereka akan diberikan waktu oleh gurunya,” katanya.

Program Belajar Dari Rumah (BDR)
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menghadirkan tayangan-tayangan edukatif melalui program “Belajar dari Rumah” (BDR) yang ditayangkan di TVRI. Program tayangan pembelajaran di televisi ini sudah berlangsung sejak 13 April 2020 setelah para siswa baik, SD, SMP atau SMA belajar di rumah karena pademi Covid-19.

Para siswa merasa sangat terbantu dengan adanya program televisi tersebut. Pasalnya, dengan adanya program edukatif tersebut bisa membantu para guru dalam kegiatan belajar mengajar.

Kepala Biro Komunikasi dan Hubungan Masyarakat, Kemendikbud, Evy Mulyani mengatakan, program tayangan pembelajaran yang ditayangkan di TVRI adalah sebagai sarana pembelajaran alternatif selama masa pandemi Covid-19. Program belajar dari rumah berkaitan dengan berbagai materi pembelajaran mulai dari PAUD, pendidikan dasar, hingga menengah.

Setiap hari Senin - Jumat, akan disiarkan acara yang berkaitan dengan pembelajaran, namun di akhir pekan akan berisi tentang berbagai konten kebudayaan. “Rencananya Kerja sama Kemendikbud dengan TVRI dilaksanakan selama 3 bulan. Tentunya Kemendikbud juga akan melakukan evaluasi, atau menerima berbagai masukan dari berbagai pihak terkait dengan kualitas konten, model pedagogik, segi waktu dan lainnya,” pungkasnya.

Tidak hanya program Belajar dari Rumah (BDR), memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan menayangkan peringatan Hari Pendidikan Nasional dengan mengangkat tema "Belajar dari Covid-19" di stasiun televisi milik pemerintah.

Acara ini akan ditayangkan langsung di kanal YouTube @KEMENDIKBUD RI dan @tvrinasional pada Sabtu (2/5/2020) pukul 19.00 WIB. Peringatan Hardiknas tahun 2020 ini menjadi hal yg berbeda dari tahun sebelumnya, akan dimeriahkan oleh presenter kondang Najwa Shihab dan beberapa artis ternama Indonesia. Antara lain, Tulus, Sabyan, Rizky Febian, Vidi Aldiano, Rinni Wulandari, Naura, Lyodra, Gitabumi Voices, dan Bina Vokalia. Sedangkan yang bertindak sebagai pemandu acara adalah Temmy Rahadi dan Aubry Beer. "Yuk, saksikan bersama keluarga #dirumahsaja!" Jangan sampai terlewat, ya! .
(syarif wibowo)
(atk)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3551 seconds (0.1#10.140)