alexametrics

Harkanas 2019, Perum Perindo Tunjuk Duta Perikanan hingga Bagikan Beasiswa

loading...
Harkanas 2019, Perum Perindo Tunjuk Duta Perikanan hingga Bagikan Beasiswa
Dalam rangka Hari Ikan Nasional (Harkanas) 2019, Perum Perindo turut mengadakan rangkaian kegiatan Harkanas 2019 melalui segmen pendidikan dan peduli lingkungan. Foto/Istimewa
A+ A-
JAKARTA - Dalam rangka Hari Ikan Nasional (Harkanas) 2019, Perum Perikanan Indonesia (Perindo) turut mengadakan rangkaian kegiatan Harkanas 2019 melalui segmen pendidikan dan peduli lingkungan. Pada segmen pendidikan, Perum Perindo merangkul para milenial untuk menjadi ambasador perikanan bernama Duta Perikanan 2019.

“Duta Perikanan ini kami ciptakan sebagai agent of change di kalangan milenial dalam membentuk perilaku budaya mengkonsumsi ikan,” ujar Direktur Keuangan Perum Perindo Mukhamad Taufiq di sela kegiatan penyematan Duta Perikanan di Pasar Ikan Modern (PIM) Muara Baru, Rabu (27/11/2019).

Duta ini nantinya akan bertugas memengaruhi generasi muda lainnya untuk meningkatkan konsumsi ikan, karena merekalah yang akan mempresentasikan potret terbaik mengenai pengalamannya dengan produk-produk Perikanan Indonesia. Menurut Taufiq, program kampanye untuk peningkatan konsumsi ikan ini sejalan dengan program Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dalam mengkampanyekan Ayo Makan Ikan.
“Melalui kegiatan ini kami turut mengedukasi generasi muda untuk mengubah habit dengan menyukai produk perikanan Indonesia,” katanya.



Dari lini bisnis perdagangan Perum Perindo, produk perikanan yang diminati konsumsi lokal di Indonesia mulai dari ikan cakalang, cumi-cumi, kakap merah dan lainnya yang diolah hasil serapan nelayan Indonesia. Sedangkan, produk perikanan Indonesia yang paling diminati untuk konsumsi mancanegara antara lain tenggiri, gurita, layur, kerapu, angoli, red mullet, sotong dan lainnya.

Masih di rangkaian kegiatan Harkanas 2019 dari segmen peduli lingkungan, Perum Perindo mengajak masyarakat di semua kalangan termasuk generasi muda untuk peduli lingkungan melalui kegiatan penukaran botol plastik bekas dengan ikan. “Program peduli lingkungan ini telah kami terapkan secara berkelanjutan sejak awal tahun 2019, kali ini kami melibatkan generasi muda sebagai agen perubahan untuk turut berkontribusi peduli terhadap lingkungan."

"Apalagi produk kami ikan-ikan dari nelayan yang sampah botol plastik juga ikut mencemari laut bahkan dapat mengganggu aktivitas nelayan dalam menjaring ikan,” sambung Taufiq.

Dia menuturkan, Duta Perikanan yang telah dinobatkan pun selain berperan mengenalkan produk-produk perikanan, juga sebagai agen perubahan untuk peduli kebersihan lingkungan.

Pada kesempatan yang sama, Perum Perindo juga merealisasikan program bina lingkungan dengan menyalurkan bantuan pendidikan kepada anak nelayan dan pelaku usaha perikanan yang sedang melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi. Penyaluran ini diberikan kepada sebanyak 11 Mahasiswa Perikanan program S1 dan program S2 dari berbagai Kampus di Jabodetabek dan Banten yang dialokasikan guna membayar biaya pendidikan kuliah dan biaya penelitian yang mereka perlukan selama proses berlangsungnya perkuliahan.

Rangkaian Harkanas 2019 ini merupakan sinergi Perum Perindo dengan KKP untuk bersinergi bersama–sama mewujudkan perikanan sebagai masa depan bangsa. Selain itu, sebagai BUMN Perikanan melalui kegiatan ini Perum Perindo juga bersinergi dengan beberapa perusahaan BUMN lainnya seperti BNI, Bank Mandiri dan Berdikari.
(kri)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak