alexametrics

Lima Nama Berpotensi Maju sebagai Kandidat Ketum PPP

loading...
Lima Nama Berpotensi Maju sebagai Kandidat Ketum PPP
Ketua Panitia Mukernas DPP PPP Achmad Baidowi menyebut ada lima nama yang muncul dan disebut-sebut memiliki peluang maju sebagai caketum PPP. Foto/SINDOnews/ abdul rochim
A+ A-
JAKARTA - Menjelang Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) pada 14-15 Desember 2019, sejumlah nama calon ketua umum (caketum) muncul ke permukaan.

Kelima nama tersebut yakni Plt Ketum PPP Suharso Monoarfa, Sekjen PPP Arsul Sani, politikus senior Akhmad Muqowam, dan dua wakil ketua umum Muhammad Mardiono serta Amir Usykara. Mereka berpeluang maju sebagai caketum pada Muktamar PPP.

Ketua Panitia Mukernas DPP PPP Achmad Baidowi mengatakan, waktu pelaksanaan Muktamar masih menunggu hasil keputusan Mukernas. Dirinya juga belum bisa memastikan siapa saja calon yang bakal bertarung.



”Kalau ada sekarang yang tanya calon-calonnya kami belum bisa jawab karena belum Mukernas. Baru setelah Mukernas, Muktamarnya ditentukan jadwalnya, biasanya nama-nama itu baru muncul,” tutur politikus yang akrab disapa Awiek ini kepada wartawan di Jakarta, Selasa (19/11/2019).

Awiek membenarkan saat ini ada beberapa nama yang disebut-sebut berpotensi maju sebagai calon ketum PPP. ”Di antaraya yang jelas Plt Ketum sendiri, ada Pak Mardiono, ada Pak Arsul Sani, ada Pak Muqowan, ada juga ketua Fraksi PPP Pak Amir Usykara, waketum. Itulah yang disebut-sebut punya peluang maju sebagai ketum PPP. Apakah benar-benar yang lima ini, ya nanti dilihat ketika pelaksanaan Muktamar,” tuturnya.

Dikatakan Awiek, PPP tidak kekurangan kader internal untuk memimpin partai agar bisa kembali mencapai kejayaannya dan bisa lolos pada Pemilu 2024, setelah sempat terseok pada Pemilu 2019 lalu karena hanya memperoleh 6.323.147 suara (4,52%).

Senada, Wakil Ketua Umum PPP Arwani Thomafi mengatakan, pihaknya masih melakukan konsolidasi internal untuk mempersiapkan suksesi kepemimpinan di tubuh Partai Kakbah. Terkait siapa kader partai yang akan maju menjadi calon ketua umum, anggota DPR itu mengatakan, dia belum tahu secara pasti siapa yang akan maju.

Jika Awiek menyebut ada lima nama yang disebut-sebut memiliki peluang maju sebagai caketum, Arwani menyebut ada tiga nama yang digadang-gadang menjadi calon ketua umum. Mereka adalah Suharso Monoarfa yang sekarang menjabat sebagai Plt Ketum PPP yang juga Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional atau Kepala Bappenas.

Selain itu, ada pula Wakil Ketua Umum PPP Mardiono, dan politikus PPP Ahmad Moqowam, yang juga mantan wakil ketua DPD. Mereka merupakan polikus senior PPP. “Untuk saat ini, baru tiga nama itu,” terang dia.

Apakah dirinya juga akan maju menjadi calon ketum? Arwani menegaskan dirinya tidak menyalonkan diri. Dia menyerahkan kepada politikus senior lain untuk maju dalam muktamar mendatang. Ketua Fraksi PPP MPR itu juga masih enggan menjelaskan siapa calon yang akan didukungnya pada muktamar nanti.
(cip)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak