alexametrics

Diprediksi Lolos Guncangan, Tradisi Politik Golkar Cenderung Manut Penguasa

loading...
Diprediksi Lolos Guncangan, Tradisi Politik Golkar Cenderung Manut Penguasa
Pengamat Komunikasi Politik asal Univesitas Gadjah Mada (UGM), Nyarwi Ahmad menilai sepertinya tak akan ada guncangan politik dalam Munas Golkar nanti. Foto/Ilustrasi/SINDOphoto
A+ A-
JAKARTA - Pengamat Komunikasi Politik asal Univesitas Gadjah Mada (UGM), Nyarwi Ahmad menilai sepertinya tak akan ada guncangan politik dalam Munas Golkar nanti. Meski saat ini muncul empat kandidat calon ketua umum yang akan bersaing memperebutkan kursi Golkar satu.

"Statemen Presiden Jokowi waktu Ultah Golkar sudah mengingatkan soal itu. Guncangan di Golkar akan berdampak juga pada stabilitas dukungannya pada Pemerintahan Jokowi," ujar Nyarwi saat dihubungi SINDOnews, Senin (18/11/2019).

Nyarwi menegaskan melihat tradisi dan budaya politik elite Golkar yang cenderung 'mendengarkan' dan 'mengikuti' apa yang diinginkan rezim politik dan pemerintahan yang berkuasa, kecil kemungkinan terjadi guncangan kepemimpinan dalam Golkar.



Dengan demikian, kata Nyarwi, Munas Golkar berpeluang akan terus didorong untuk musyawarah mufakat dan calon petahana, Airlangga Hartarto berpeluang besar kembali memimpin Golkar.

Sementara, lanjut Nyarwi, tiga caketum yang lain sepertinya akan lebih menahan diri untuk tidak menggeser kepemimpinan Airlangga dalam waktu dekat. Situasinya mungkin akan berbeda jika melihat dinamika politik tahun 2022 mendatang.

"Namun dalam jangka waktu dua setengah tahun mendatang, stabilitas politik kepemimpinan Golkar tampaknya mash tetap bertahan di bawah kepemimpinan Airlangga Hartarto," pungkasnya.
(kri)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak