alexametrics

Kasus Gratifikasi, KPK Cegah Pemilik PT Cirebon Energi Prasarana

loading...
Kasus Gratifikasi, KPK Cegah Pemilik PT Cirebon Energi Prasarana
Juru Bicara KPK Febri Diansyah menyatakan, pihaknya telah mengirimkan surat permohonan ke Direktorat Jenderal Imigrasi Kemenkumham. (Foto/SINDOnews/Raka Dwi Novianto)
A+ A-
JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mencegah pemilik PT Cirebon Energi Prasarana Heru Dewanto untuk tidak bepergian ke luar negeri selama enam bulan ke depan.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah menyatakan, pihaknya telah mengirimkan surat permohonan ke Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) untuk pelarangan bepergian ke luar negeri terhadap dua orang. Keduanya tutur Febri, yakni Heru Dewanto (swasta, pengusaha) dan Teguh Haryono (swasta, pengusaha).

Pencegahan Heru dan Teguh, ujar Febri, terkait penyidikan kasus dugaan penerimaan gratifikasi dengan tersangka Sunjaya Purwadisastra selaku Bupati Cirebon, Jawa Barat periode 2014-2019 merangkap Ketua DPC PDIP Kabupaten Cirebon (dipecat).



"Pelarangan ke luar negeri terhadap Heru Dewanto dan Teguh Haryono, pihak swasta, dilakukan selama 6 bulan ke depan terhitung sejak 1 November 2019," tegas Febri di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Jumat (15/11/2019).

Mantan pegawai fungsional pada Direktorat Gratifikasi KPK ini menjelaskan, pencegahan ke luar negeri terhadap Heru dan Teguh karena keterangan keduanya dibutuhkan keterangannya dalam proses penyidikan kasus dugaan gratifikasi Sunjaya ataupun perkara terkait lainnya.

Selain itu, pencegahan dibutuhkan agar saat diagendakan pemeriksaan maka keduanya tidak sedang berada di luar negeri. "Kaitan saksi atas nama Heru Dewanto dan Teguh Haryono dengan kasus dugaan gratifikasi tersangka SUN (Sunjaya) ada pada perizinan pembangunan PLTU Cirebon 2," ucapnya.

Berdasarkan fakta-fakta persidangan perkara suap Sunjaya Purwadisastra sebelumnya, Heru Dewanto tercatat sebagai pemilik merangkap Komisaris PT Cirebon Energi Prasarana. Sedangkan Teguh Haryono adalah Direktur PT Cirebon Energi Prasarana. Perusahaan ini pelaksana yang melakukan pembangunan proyek PLTU Cirebon 2.
(maf)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak