alexametrics

Rapat dengan DPR, Menlu Minta Bahas Habib Rizieq Sesi Tertutup

loading...
Rapat dengan DPR, Menlu Minta Bahas Habib Rizieq Sesi Tertutup
Persoalan kepulangan Habib Rizieq ke Tanah Air menjadi salah satu pokok persoalan yang ditanyakan Anggota Komisi I DPR kepada Menlu dalam Raker perdana. (Foto/SINDOnews)
A+ A-
JAKARTA - Persoalan kepulangan Habib Rizieq Shihab ke Tanah Air menjadi salah satu pokok persoalan yang ditanyakan Anggota Komisi I DPR kepada Menteri Luar Negeri (Menlu) dalam Rapat Kerja (Raker) perdananya. Namun, jawaban Menlu soal ini dilakukan dalam sesi rapat tertutup.

(Baca juga: PNS Eselon IV Harus Siap-siap Kena Pemangkasan Pertama)

"Kami mohon izin mengusulkan ada sesi terbuka dan sesi tertutup. Pertama terima kasih atas pertanyaannya, kritik, saran yang bagus sekali sampai bingung menulisnya," kata Menlu Retno LP Marsudi di Ruang Rapat Komisi I DPR, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (12/11/2019).



"Kita mencoba untuk merangkum, mengkategorisasi sesuai isu di klusternya. Sehingga mungkin kami tidak akan menjawab satu persatu," sambungnya.

Retno beralasan, ada beberapa anggota Komisi I DPR yang menanyakan mengenai Papua, Laut Cina Selatan dan beberapa isu lain akan dibahas tertutup. Khusus untuk sesi terbuka seperti diplomasi ekonomi, perlindungan WNI dan status pulau akan dijelaskan lleh Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) dan Direktur Jenderal (Dirjen) Kementerian Luar Negeri (Kemlu) lainnya.

"Di forum tertutup nanti kami akan menyampaikan tanggapan serta insight. Karena insight ini akan sangat bermanfaat untuk memahami sebenarnya di dalam closed door itu pembicaraan akan seperti apa," terangnya.

Menurut Retno, dengan jawaban pada sesi tertutup nanti, pihaknya bisa menjawab secara detil mengenai pertanyaan terkait sejumlah isu tersebut. Sehingga, bisa menggali lebih dalam mengenai situasi terkait isunya.

"Sehingga, address of the questions mengenai misalnya masalah Papua, Laut Cina Selatan, kemudian masalah lainnya termasuk kami nanti pada saat tertutup kami ingin mulai memberikan gambaran dunia yang kita tinggali ini sebenarnya situasinya seperti apa," terangnya.

"Kemudian kita akan zoom in Asia Tenggara ini seperti apa dan di mana Indonesia. Ini kami akan berusaha untuk memberikan insight semaksimal yang bisa kita sampaikan. Apabila usulan tersebut disetujui, maka terima kasih sekali," imbuh Retno.

Kemudian, Anggota Komisi I DPR dari Fraksi PDIP Effendi Simbolon mempertegas soal isu Rizieq Shihab. "Khusus untuk masalah Habib Rizieq gimana pimpinan?," tanyanya.

Lalu, Wakil Ketua Komisi I DPR Teuku Riefky Harsya menjawab bahwa hal itu akan dibahas dalam forum rapat tertutup sebagaimana keinginan Menlu. "Tertutup pak. Itu beliau (Menlu) sampaikan tadi," jawab Politikus Demokrat itu.
(maf)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak