PDIP Dukung Wakil Panglima TNI Diaktifkan: Tantangan Makin Kompleks

Sabtu, 09 November 2019 - 12:46 WIB
PDIP Dukung Wakil Panglima TNI Diaktifkan: Tantangan Makin Kompleks
PDIP Dukung Wakil Panglima TNI Diaktifkan: Tantangan Makin Kompleks
A A A
JAKARTA - Keputusan Presiden Jokowi untuk mengaktifkan kembali Wakil Panglima TNI mendapat dukungan dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Keberadaan Wakil Panglima akan membantu tugas-tugas Panglima TNI Hadi Tjahjanto dalam menjalankan fungsi pertahanan negara.

"PDI Perjuangan mendukung sepenuhnya keputusan dari Presiden Jokowi untuk mengaktifkan kembali posisi Wakil Panglima TNI," kata Hasto, Sabtu (9/11/2019). (Baca Juga: Mensesneg: Posisi Wakil Panglima TNI Bukan Hal Baru)

Dia menuturkan, posisi itu dibutuhkan, selain tantangan makin kompleks, perlu satu konsolidasi kekuatan pertahanan untuk menghadapi itu semua.

"Tantangan yang makin kompleks, tidak hanya menjaga kedaulatan negara Indonesia, negara kepulauan terbesar, tapi ancaman senjata kimia, senjata biologi, ancaman cyber, memang memerlukan suatu konsolidasi seluruh kekuatan aktif ketahanan kita dan kekuatan cadangan kita," ungkap Hasto.

Hasto menambahkan, hadirnya Wakil Panglima bisa membantu Panglima TNI untuk menjalankan tugas-tugasnya.

"Tugasnya membantu Panglima TNI, menjawab tantangan di dalam menjabarkan konsepsi pertahanan demi kedaulatan Indonesia Raya kita," tutur Hasto.

Sebelumya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi kembali membuat gebrakan di masa pemerintahannya kali kedua.

Jokowi menghidupkan kembali posisi Wakil Panglima TNI, melalui Perpres yang sudah ditandatanganinya. Menurut catatan, jabatan itu dihapus Presiden ke-4 Abdurrahman Wahid pada September 2000.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6779 seconds (0.1#10.140)