alexametrics

Jadi Kabaharkam, Firli Bahuri Bakal Sandang 3 Bintang di Bahu

loading...
Jadi Kabaharkam, Firli Bahuri Bakal Sandang 3 Bintang di Bahu
Kapolda Sumatera Selatan (Sumsel) Irjen Pol Firli Bahuri mendapat promosi jabatan sebagai Kabaharkam Polri, sebelum dirinya resmi dilantik sebagai Ketua KPK pada Desember nanti. Foto/SINDOnews/Dede Febriansyah
A+ A-
JAKARTA - Kapolda Sumatera Selatan (Sumsel) Irjen Pol Firli Bahuri mendapat promosi jabatan sebagai Kabaharkam Polri, sebelum dirinya resmi dilantik sebagai Ketua KPK pada Desember nanti. Firli akan menerima kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi yakni sebagai komisaris jenderal (komjen), menyesuaikan dengan jabatan barunya.

Mutasi tertuang dalam Surat Telegram Kapolri Nomor ST/3019/XI/KEP./2019 dan ST/3020/XI/KEP./2019 tertanggal 8 November 2019. Surat Telegram ditandatangani Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Irjen Pol Eko Indra Heri S atas nama Kapolri. Secara keseluruhan terdapat 206 pamen dan pati yang dimutasi kali ini.

"Ya, benar yang bersangkutan mendapat promosi karena dinilai berprestasi dan mumpuni. Pangkatnya akan menyesuaikan dengan jabatan barunya," kata Kadiv Humas Polri Irjen Mohammad Iqbal, Jumat (8/11/2019).



Iqbal menuturkan Firli memiliki sederet catatan prestasi sejak di Akademi Kepolisian (Akpol) hingga saat ini. Dia pernah dipercaya sebagai Komandan Resimen Korp Taruna tingkat I, II, dan III Akpol.

"Sejak taruna, Pak Firli itu kariernya sudah cemerlang. Memimpin taruna dari tingkat I sampai III. Dia memimpin sebagai Komandan Resimen Korp Taruna pada 1990, memimpin semua taruna tingkat I, II, III," kata Iqbal.

Jabatan di Akedemi Kepolisian tersebut adalah jabatan sangat ketat pilihannya karena merupakan Taruna Akpol yang harus mempunyai kemampuan lengkap, baik akademik, fisik, maupun mental kepribadian. Sebab, Danmenkorp Taruna itu adalah idola serta teladan semua taruna.

Iqbal mengungkapkan terpilihnya Firli sebagai ajudan mantan Wakil Presiden (Wapres) Boediono merupakan puncak kariernya di level perwira menengah. Iqbal menjelaskan, ajudan wapres adalah personel pilihan yang masuk kategori cerdas, memiliki pola pikir cemerlang, dan mempunyai kepribadian yang mumpuni.

"Kariernya cemerlang dan puncaknya saat menjadi ajudan wakil presiden karena ajudan presiden itu adalah pilihan. Tentunya harus orang yang cerdas, pikirannya cemerlang, pribadi yang baik, maka Pak Firli sangat layak dipromosikan (sebagai Kabaharkam)," jelas Iqbal.

Terakhir, Iqbal mengatakan Firli juga dinilai berprestasi selama menjabat sebagai Kapolda NTB dan Kapolda Sumatera Selatan.
(wib)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak