alexametrics

Belum Lama Wafat Faktor Gus Dur Belum Digelari Pahlawan Nasional

loading...
Belum Lama Wafat Faktor Gus Dur Belum Digelari Pahlawan Nasional
Pemerintah telah memberikan gelar Pahlawan Nasional kepada 6 orang tokoh. Dari 6 orang tersebut, tidak ada nama Presiden ke-4 RI Abdurahman Wahid (Gus Dur). Ilustrasi/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Pemerintah telah memberikan gelar Pahlawan Nasional kepada 6 orang tokoh. Dari 6 orang tersebut, tidak ada nama Presiden ke-4 RI Abdurahman Wahid (Gus Dur).

Meski sangat sangat, namun ada alasan mengapa Gus Dur belum mendapat gelar Pahlawan Nasional kali ini. Salah satu alasannya adalah karena Gus Dur belum lama meninggal. (Baca juga: Enam Tokoh Bangsa Dianugerahi Gelar Pahlawan Nasional)

“Alasannya masih sama. Karena ini kuburannya masih basah belum kering. Kayak Himatuddin itu abad ke berapan, ke 16. Terus yang paling muda KH Masjkur meninggal tahun 1992, sudah 30 tahun. Jadi Pak Harto, Gusdur apalagi itukan masih baru. Jadi itu alasan formal yang kita ajukan,” kata Wakil Ketua Dewan Gelar dan Tanda Jasa Kehormatan Jimly Asshiddiqie di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (8/11/2019).



Jimly mengatakan, secara personal Gus Dur merupakan tokoh yang luar biasa. Sebagai tokoh pluralis, Gus Dur berjasa dalam melindungi kelompok minoritas. (Baca juga: Gus Dur Sangat Layak Dianugerahi Gelar Pahlawan Nasional)

“Maka ia sangat dicintai. Maka kuburannya di Tebuireng, Jombang hampir tiap minggu penuh, sampai sekarang,” ungkapnya.
Namun begitu sebagai sosok yang pernah menjadi Presiden, Gus Dur masih menyisakan persoalan. Gus Dur diberhentikan sebagai Presiden oleh MPR.
(poe)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak