alexametrics

Pahlawan Nasional

KH Abdul Kahar Muzakkir, Sosok Pemikir Islam dan Pendiri UII

loading...
KH Abdul Kahar Muzakkir, Sosok Pemikir Islam dan Pendiri UII
Pahlawan nasional, Abdul Zakar Muzakkir. Foto/Istimewa
A+ A-
JAKARTA - Kiai Haji Abdul Kahar Muzakkir merupakan salah satu dari enam tokoh yang dianugerahi Pahlawan Nasional oleh Pemerintah Indonesia pada Jumat (8/11/2019) hari ini.

Tokoh kelahiran Kotagede, Yogyakarta tahun 1908 silam dikenal sebagai pemikir muda Islam yang memiliki peran dalam diplomasi dengan Timur tengah dalam upaya mendapatkan pengakuan kemerdekaan Indonesia.

Cendekiawan ini pernah menjadi anggota Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). (Baca juga:Enam Tokoh Bangsa Dianugerahi Gelar Pahlawan Nasional)



Kala menempuh pendidikan di Kairo Mesir, dia mempelajari berbagai persoalan mengenai reformisme Islam dan aktif dalam forum kemahasiswaan. Bahkan dia besama dengan mahasiwa lainnya membuat jurnal yang dijadikannya untuk menyebarkan tentang reformisme Islam.

Di dunia pendidikan, Abdul Kahar Muzakkir dikenal sebagai perintis Universitas Islam Indonesia (UII) dan pernah menjadi rektor di kampus tersebut pada 1948-1960.

Dirinya juga menjadi perintis dan menjadi Rektor Universitas Islam Yogyakarta pada 1948 hingga 1960. Didirikan di Jakarta 8 Juli 1945 dengan nama Sekolah Tinggi Islam. Abdul Kahar Muzakkir tutup usia pada 2 Desember 1973.
(dam)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak