Rapat Dimulai, DPR Langsung Bahas Cadar dan Celana Cingkrang ke Menag

Kamis, 07 November 2019 - 11:25 WIB
Rapat Dimulai, DPR Langsung Bahas Cadar dan Celana Cingkrang ke Menag
Rapat Dimulai, DPR Langsung Bahas Cadar dan Celana Cingkrang ke Menag
A A A
JAKARTA - Komisi VIII DPR menggelar rapat dengan Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi. Saat membuka rapat, Ketua Komisi VIII DPR, Yandri Susanto langsung menyinggung niatan Fachrul Razi melarang pengguna cadar dan celana cingkrang masuk Kementerian Agama (Kemenag).

"Tangkapan kami Pak Menteri, mohon maaf kalau kami keliru, bahwa dalam agenda deradikalisasi di Kemenag, seolah-olah cara berpikir orang itu ada garis lurus dengan cara berpakaian pak," ujar Yandri Susanto di Ruang Rapat Komisi VIII DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (7/11/2019).

Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) ini mengatakan bahwa niatan Fachrul Razi tentang pelarangan penggunaan cadar dan celana cingkrang itu menimbulkan pro dan kontra yang sangat tinggi. Menurut dia, larangan itu terlalu dini.

"Dan terlalu mensimplekan masalah, cara berpakaian orang, cadar, cingkrang, blue jeans, dan sebagainya itu disangkutpautkan dengan perilaku orang pak, apalagi dengan radikal," tandasnya.

Maka itu, dia berpendapat bahwa pro dan kontra itu harus diselesaikan sehingga energi yang besar bisa dipindahkan kepada hal-hal konstruktif dan produktif. "Maka perdebatan sudah cukup panjang pak, intinya kami melihat memang perilaku orang apalagi masyarakat kita itu pak menteri harus hati-hati, karena menghakimi orang terlalu dini pun juga menjadi soal serius," jelasnya.

Maka itu, dia meminta Fachrul Razi menjelaskan tentang niatan melarang pengguna cadar dan celana cingkrang itu secara transparan. "Sehingga bisa kita kanalisasi menjadi perdebatan yang positif," pungkasnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.0967 seconds (0.1#10.140)