Bamsoet Siap Hadapi Airlangga, Pengamat: Realitas Politik Golkar Tak Bisa Diterka

Kamis, 07 November 2019 - 09:47 WIB
Bamsoet Siap Hadapi Airlangga, Pengamat: Realitas Politik Golkar Tak Bisa Diterka
Bamsoet Siap Hadapi Airlangga, Pengamat: Realitas Politik Golkar Tak Bisa Diterka
A A A
JAKARTA - Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno menyebut bukan Partai Golkar namanya jika tidak meramaikan dinamika politik dalam negeri. Menurutnya, dinamika, gejolak, bahkan konfrontasi internal perkara biasa di Golkar.

"Buktinya, Bamsoet (Bambang Soesatyo) yang ditengarai tak bakal maju Golkar satu karena posisi Ketua MPR, belakangan terlihat siap bersaing dengan Airlannga (calon ketua umum petahana)," ujar Adi saat dihubungi SINDOnews, Kamis (7/11/2019).

Menurut Adi, inilah realitas politik Golkar yang tak bisa diterka hitam putih. Publik menduga posisi Ketua MPR merupakan kerangkeng besi yang memagari hasrat Bamsoet melawan Airlangga.

Dalam hal ini, kata Adi, nyatanya Bamsoet merasa tak ada komitmen hitam putih yang dia langgar. Sementara kubu Airlangga selalu mengungkit adanya komitmen politik ketika Bamsoet didapuk sebagai Ketua MPR.

Meski begitu, Adi menilai, Bamsoet belum menyatakan secara tegas ingin menantang Airlangga di Munas Desember mendatang. Hanya sinyal yang dihembuskan jika mantan Ketua DPR itu mulai memertimbangkan untuk maju kembali.

"Sejauh ini belum ada pernyataan terbuka Bamsoet akan maju," imbuh Analis Politik asal UIN Jakarta ini.

Adi menambahkan, satu sinyal yang sebenarnya sengaja dilontarkan untuk melihat sejauh mana respons dan dukungan DPD I dan DPD II Golkar terhadap Bamsoet. "Kalau responnya positif sepertinya Bamsoet akan maju. Sebaliknya jika minim dukungan niat maju sepertinya ditinjau ulang," pungkasnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5095 seconds (0.1#10.140)