alexametrics

Soal Dewan Pengawas KPK, PDIP Percaya dengan Pilihan Jokowi

loading...
Soal Dewan Pengawas KPK, PDIP Percaya dengan Pilihan Jokowi
Anggota Komisi III DPR, Masinton Pasaribu menilai kriteria Dewas KPK sepenuhnya diserahkan kepada Presiden Jokowi. Foto/SINDOphoto
A+ A-
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melantik Komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sekaligus Dewan Pengawas (Dewas) pada Desember 2019 mendatang. Khusus Dewas, proses seleksi terus dilakukan Presiden Jokowi yang diberikan kewenangan untuk memilih.

Anggota Komisi III DPR, Masinton Pasaribu menilai kriteria Dewas KPK sepenuhnya diserahkan kepada presiden. Kriteria tersebut yang sesuai dengan Pasal 37D Undang-undang Nomor 19 Tahun 2019 tentang KPK. (Baca juga: Kata Jokowi Soal Anggota Dewan Pengawas KPK)

"Dia tidak terlibat kasus korupsi, integritasnya bagus, track recordnya jelas," ujar Masinton saat dihubungi SINDOnews, Kamis (7/11/2019).



Ditambahkan Masinton, Presiden Jokowi diyakini akan memilih Dewas KPK sesuai kriteria yang sudah ditentukan, termasuk calon memiliki rekam jejak yang jelas.

"Tinggal calon nanti mengikuti kriteria yang udah ditentukan," ucap Politikus PDIP itu.

Menurut Masinton, Fraksi PDIP akan mengikuti siapa-siapa yang diputuskan Jokowi menjadi Dewas. Namun Masinton berharap, calon Dewas KPK adalah mereka yang dianggap sudah selesai dengan urusan pribadinya. Hal ini dilakukan untuk menghindari konflik kepentingan dan kecurigaan di masyarakat.

"Kalau nama-namanya, kita tunggu aja, pasti beliau sudah menyaring informasi, meminta masukan dari para ahli siapa yang kira-kira cocok dipilih. Ini pertama kalinya presiden memilih Dewan Pengawas yang akan membantu tugas-tugas KPK," pungkasnya.
(kri)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak