KY Sebut 13 Calon Hakim Agung Lolos Seleksi Kesehatan dan Kepribadian

Selasa, 05 November 2019 - 20:48 WIB
KY Sebut 13 Calon Hakim Agung Lolos Seleksi Kesehatan dan Kepribadian
KY Sebut 13 Calon Hakim Agung Lolos Seleksi Kesehatan dan Kepribadian
A A A
JAKARTA - Komisi Yudisial (KY) mengumumkan 13 Calon Hakim Agung (CHA) berhasil lolos seleksi tahap III yang meliputi seleksi kesehatan dan kepribadian. Penetapan kelulusan tersebut ditetapkan dalam Rapat Pleno KY CHA Tahun 2019, di Gedung Komisi Yudisial, Jakarta, Selasa (5/11/2019).

Ketua Bidang Rekrutmen Hakim Komisi Yudisial, Aidul Fitriciada Azhari mengungkapkan 13 CHA yang lolos akan mengikuti seleksi wawancara pada Selasa-Kamis, 12-14 November 2019 di Gedung KY, Jakarta.

“Dalam wawancara ini CHA akan digali lebih mendalam mengenai visi, misi, dan komitmen, Kode Etik dan Pedoman Perilaku Hakim (KEPPH), filsafat hukum dan teori hukum, wawasan pengetahuan peradilan dan perkembangan hukum, serta penguasaan hukum materiil dan formil,” ungkapnya.

Aidul mengatakan dari 13 CHA yang lolos berasal dari jalur karier sebanyak 12 orang dan jalur non-karier sebanyak 1 orang.

“Berdasarkan jenis kamar yang dipilih, 2 orang dari kamar Agama; 4 orang dari kamar Perdata; 2 orang dari kamar Pidana; 3 orang dari kamar Militer dan 2 orang dari kamar Tata Usaha Negara khusus pajak,” jelasnya.

Sementara berdasarkan kategori jenis kelamin, sebanyak 11 orang calon merupakan laki-laki, dan hanya 2 orang perempuan. “Dilihat dari profesi calon hakim agung yang lulus seleksi kesehatan dan kepribadian, 10 orang berprofesi hakim, 1 orang berprofesi akademisi, dan 2 orang berprofesi hakim pajak,” ungkap Aidul.

Berdasarkan kategori pendidikan, kata dia, sebanyak 7 orang bergelar doktor dan 6 orang lainnya bergelar magister. Untuk diketahui, para calon hakim agung ini nantinya mengisi posisi 8 hakim agung MA.
(cip)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9593 seconds (0.1#10.140)