alexametrics

Ini Tanggapan Novel Baswedan Usai Videonya Viral di Twitter

loading...
Ini Tanggapan Novel Baswedan Usai Videonya Viral di Twitter
Penyidik senior KPK Novel Baswedan menanggapi videonya yang viral di Twitter. Foto/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Beredar video penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan selepas menjalani operasi mata di Singapura.
Video tersebut diunggah akun Twitter @AdellaWibawa, Senin, 4 November 2019 kemarin, yang menarasikan jika Novel baik-baik saja pascaterkena siraman air keras.

"Mata novel baswedan saat baru ditayangin di NET TV 18 April 2017..!? dia kaget dg tiba2 kemunculan wartawan NET, liat matanya dan pipi mulus pdhl baru kasus penyiraman," kata akun tersebut.

Menanggapi itu, Novel mengaku video itu memang diambil di Singapura. Novel hanya bisa mendoakan pihak-pihak yang tidak percaya dirinya sedang berobat.

"Saya sedang pengobatan di Singapura, kalau ada yang bilang mata saya baik-baik saja, saya anggap doa, Aamiin kan saja," ujar Novel saat dikonfirmasi, Selasa (5/11/2019).



Novel menceritakan video itu diambil sebelum dirinya menjalani operasi mata osteo-odontokeratoprosthesis (OOKP), yaitu metode operasi bagi pasien dengan cidera kornea.

Menurutnya saat itu, dokternya, Donald Tan sedang mengupayakan memulihkan matanya dengan metode sel punca atau stem cell dengan cara memasang selaput membran plasenta pada kedua matanya untuk menumbuhkan jaringan yang sudah mati akibat siraman air keras.

"Ternyata sampai Agustus tidak juga ada perbaikan, sedangkan diperkirakan 6 bulan setelah kejadian kedua mata akan tidak bisa lihat sama sekali," jelasnya.

Novel beranggapan, memang pada saat itu orang awam pasti bakal beranggapan mata kirinya tampak tidak seperti sedang sakit. Namun, sebenarnya selnya justru sudah banyak yang mati dan fungsi melihatnya sangat kurang.

"Jadi wajar saja orang awam mengira saya tidak sakit. Kawan-kawan dari KPK yang dampingi saya yang mengetahui perkembangan pengobatan mata saya dari hari ke hari. Setiap update dari dokter disampaikan ke pimpinan KPK," tuturnya.

Di dalam video unggahan @AdellaWibawa, terlihat Novel yang memakai pakaian biru didorong seorang pria mengunakan kursi roda di sebuah rumah sakit. Kemudian ada seseorang menanyakan kondisi mata Novel. Video tersebut merupakan video milik Net TV, yang dipenggal kemudian diviralkan di media sosial.

Novel terlihat berbincang dengan orang tersebut. Saat itu, Novel menjawab semua pertanyaan yang diajukan kepadanya. Novel juga terlihat sesekali melihat ke arah orang yang merekam video itu.
(cip)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak