alexametrics

Sambangi KPK, Kapolri Janji Cepat Tuntaskan Kasus Novel Baswedan

loading...
Sambangi KPK, Kapolri Janji Cepat Tuntaskan Kasus Novel Baswedan
Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis bersama Ketua KPK Agus Rahardjo serta jajaran kedua lembaganya saat menggelar konferensi pers di Gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta, Senin (4/11/2019). Foto/SINDOnews/Raka Dwi Novianto
A+ A-
JAKARTA - Kapolri Jenderal Pol Idham Aziz berjanji akan menuntaskan kasus penyerangan terhadap penyidik senior Novel Baswedan ataupun kasus-kasus yang menjadi atensi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Hal itu diungkapkan Kapolri saat berkunjung ke Gedung KPK, Jakarta Selatan. "Saya tetap berkomitmen seperti juga setelah fit and proper test dan waktu di Paripurna DPR saya pernah mengatakan secepatnya," ujar Idham saat jumpa pers di Gedung KPK, Jakarta, Senin (4/11/2019). (Baca juga: Kasus Novel Baswedan, Jokowi Beri Waktu Idham sampai Desember)

Maka dari itu, dirinya akan mengusahakan secepatnya untuk menyelesaikan kasus penyiraman Novel dan kasus teror terhadap pimpinan KPK lainnya.



"Komitmennya adalah secepatnya kalau sudah itu kita akan mengungkap baik kasus Novel maupun kasus-kasus yang menjadi atensi yang terjadi di KPK," jelasnya.

Namun terlebih dahulu, Idham bakal memilih perwira terbaik untuk dijadikan Kabareskrim guna mempercepat penanganan kasus Novel dan teror kepada pegawai dan pimpinan KPK.

"Nanti saya akan memilih Kabareskrim. Namun di dalam Polri itu ada yang namanya Wanjakti (Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi). Wanjakti ini dewan kebijaksanaan tertinggi yang dipimpin oleh Bapak Wakapolri, tentu nanti kita akan cari perwira yang terbaik," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol M Iqbal menambahkan, pihaknya telah memiliki temuan signifikan terkait penanganan kasus Novel Baswedan. Temuan tersebut berasal dari hasil kerja tim teknis.

Iqbal menegaskan, hakikatnya setiap kasus yang ditangani Polri memiliki tingkat kesulitan masing-masing dan berbeda, termasuk perkara Novel. Iqbal mengungkapkan, dalam waktu tidak terlalu lama Polri akan membuka ke publik temuan tersebut.

"Tim ini bekerja tertutup berbeda dengan tim fakta terbuka. Kita lakukan. Kalau kita buka ke publik ini bisa kembali ke nol. Insya Allah didoakan Pak Kapolri dan timnya insya Allah akan ungkap kasus ini. Pak Kapolri beserta timnya, tidak akan lama lagi akan mengungkap kasus ini. Kita paham, bahwa harapan besar republik ini," ungkap Iqbal.

Dia menggariskan, selain kasus penyerangan terhadap Novel sebenarnya Tim Teknis Polri juga secara bersamaan menangani dan akan mengungkap tentang kasus penyerangan terhadap dua pimpinan KPK dan pegawai KPK lainnya. Sekali lagi Iqbal mengatakan, Polri berharap publik dapat bersabar dan menunggu hasil temuan dari Tim Teknis.

"Terkait dengan sejumlah teror lain tentunya paralel dengan itu (kasus Novel). Tim teknis juga beberapa penyidik Polda Metro Jaya dan tim gabungan sudah maju ke depan untuk mengungkap kasus-kasus teror yang menimpa oleh beberapa pimpinan KPK dan beberapa penyidik KPK tersebut," ujarnya

Ketua KPK Agus Rahardjo mengatakan, pihaknya berharap dengan kunjungan Kapolri Jenderal Idham Azis dan jajaran maka kerja sama KPK dengan Polri semakin baik sehingga menghasilkan hal-hal yang terbaik bagi bangsa dan negara.
(dam,cip)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak