Kasum TNI Jelaskan Tugas Paspampres ke Wapres Ma'ruf Amin

Jum'at, 01 November 2019 - 16:44 WIB
Kasum TNI Jelaskan Tugas Paspampres ke Wapres Maruf Amin
Kasum TNI Jelaskan Tugas Paspampres ke Wapres Ma'ruf Amin
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden Ma'ruf Amin datang ke Markas Komando Pasukan Pengamananan Presiden (Mako Paspampres) di Jalan Tanah Abang II/6, Jakarta Pusat, Jumat (1/11/2019).

Kedatangan Ma'ruf disambut Kepala Staf Umum TNI Joni Supriyanto yang mewakili Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Ma'ruf datang untuk melihat demo ketangkasan personel Paspampres dari tiga matra, yakni TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut, TNI Angkatan Udara serta pameran statik alat utama serta persenjataan yang dimiliki Paspampres.

Mengawali sambutannya, Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letjen Joni Supriyanto menyampaikan ucapan selamat datang dan menghaturkan terima kasih atas kesediaan Wapres beserta keluarga berkunjung ke Mako Paspampres.

“Paspampres adalah satuan pelaksana di lingkungan TNI, dimana pembinaan dan penggunaan kekuatannya berada langsung di bawah Panglima TNI,” ujarnya seperti dalam siaran pers Puspen TNI. (Baca Juga: Terima Kunjungan Perdana Kapolri Baru, TNI: Lanjutkan Sinergitas)

Joni menyampaikan Paspampres memiliki tugas pokok melaksanakan pengamanan fisik langsung jarak dekat setiap saat dan di manapun berada kepada presiden, wakil presiden dan tamu negara setingkat kepala negara/pemerintahan beserta keluarganya, serta tugas protokoler khusus pada upacara-upacara kenegaraan yang dilakukan, baik di lingkungan Istana Keperesidenan maupun di luar lingkungan Istana Kepresidenan dalam rangka mendukung tugas pokok TNI.

Dia menjelaskan Grup A melaksanakan pengamanan fisik jarak dekat terhadap presiden RI beserta keluarga, Grup B melaksanakan pengamanan fisik jarak dekat terhadap wapres beserta keluarganya, Grup C melaksanakan pengamanan fisik jarak dekat terhadap tamu negara setingkat kepala negara/pemerintahan, Grup D melaksanakan pengamanan fisik jarak dekat terhadap mantan presiden dan wakil presiden beserta keluarganya.

“Seluruh personel adalah prajurit-prajurit TNI AD, AL dan AU terbaik dari seluruh penjuru Indonesia dan terpilih dari segi fisik, mental, intelijensi, postur dan kriteria penting lainnya guna mendukung tugas pokok Paspampres,” tutur Joni.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6107 seconds (0.1#10.140)