alexametrics

Mahasiswa Diharapkan Jadi Pionir Evaluasi Kebijakan Pemerintah

loading...
Mahasiswa Diharapkan Jadi Pionir Evaluasi Kebijakan Pemerintah
Kongres ke-8 LMND 25-28 Oktober 2019 menetapkan Muhammad Asrul sebagai Ketum dan Reza Reinaldi Weil, sebagai Sekretaris Jenderal periode 2019-2021. (Foto/Twitter/Dok)
A+ A-
JAKARTA - Kongres ke-8 Liga Mahasiswa Nasional Demokrasi (LMND) 25-28 Oktober 2019 menetapkan Muhammad Asrul sebagai Ketua Umum (Ketum) dan Reza Reinaldi Weil, sebagai Sekretaris Jenderal periode 2019-2021.

Muhammad Asrul merupakan Sarjana Teknik Pertambangan Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, Sulawesi Selatan dan saat ini tercatat sebagai mahasiswa pascasarjana fakultas ilmu komunikasi politik Universitas Paramadina Jakarta.

Sejak SMA Asrul gairah berorganisasi Asrul bergejolak. Rasa ingin tahu yang tinggi membuat Asrul memberanikan diri berproses dalam organisasi. Termasuk ketika dirinya menjadi mahasiswa, Asrul memutuskan untuk bergabung dengan LMND.



Menurutnya LMND memiliki track record perlawanan terhadap ketidakadilan rezim. Selain itu, LMND menurut Asrul juga memiliki landasan yang kuat dalam meneriakkan perlawanan.

"Bukan hanya berteriak aksi di jalanan. LMND selalu mengkaji persoalan yang muncul. Seperti misalnya ketika ada isu penolakan tentang rancangan undang undang (RUU), LMND tidak serta merta menolak melainkan melakukan kajian-kajian hukum dengan deputi kajian dan bacaan yang berada di daerah serta tenaga ahli. Itu yang tidak saya temui di organisasi mahasiswa lainnya," terang Asrul, Kamis (31/10/2019).

Pemuda asal Raha, Sulawesi Tenggara ini memiliki tekad untuk membangun LMND menjadi jauh lebih maju dibanding sebelumnya. Organisasi mahasiswa saat ini haruslah kembali pada ruhnya.

Kemudian menghidupkan kampus dengan kajian-kajian yang berorientasi pada kebijakan-kebijakan pemerintah. Kritis terhadap situasi dan melakukan gerakan massif jika pendapat mulai tak didengar.

Organisasi mahasiswa, ujar Asrul, adalah tombak. Dimana sebuah perubahan yang lebih baik diperjuangkan. Gerakan mahasiswa saat ini haruslah menjadi pioner dalam hal mengkaji aturan pemerintah, UU dan kebijakan-kebijakan yang dilakukan pemerintah.

"Jika memungkinkan, kita pun harus mengajukan gagasan sebagai jawaban atas aturan pemerintah yang melenceng dan merugikan rakyat," lanjut Asrul.

Selain itu, pemuda kelahiran 1992 ini juga menekankan penting membangun jaringan dengan organisasi mahasiswa berskala internasional agar bisa saling menopang dalam memerangi imperialisme khususnya di bidang pendidikan.

"LMND saat ini sudah membangun jaringan dengan beberapa organisasi internasional. Di tahun 2012, LMND juga memberikan back up secara nyata pada organisasi mahasiswa Quebec, Canada saat mereka melakukan protes terhadap pemerintah setempat atas kenaikan biaya masuk perguruan tinggi," urai Asrul.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal LMND terpilih Reza Reinaldi Weil yang biasa di panggil Adhyna adalah Sarjana Teknik Lingkungan Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta. Reza Reinaldi Weil juga sudah aktif berorganisasi mahasiswa dari tahun 2012 dan bergabung di LMND tahun 2014.

Pemuda kelahiran tahun 1993 ini menambahkan, bahwa di masa lalu organisasi mahasiswa hanya penggerak. Di generasi sekarang organisasi mahasiswa harus lebih jauh melangkah dan membuat perubahan.

"Gelar agent of change yang disematkan pada mahasiswa di era lama haruslah diubah menjadi creator of change. Kita harus aktif membuat kajian, penelitian dan pengembangan yang berkaitan dg kesejahteraan masyarakat Indonesia. Sudah waktunya kita juga melakukan eksekusi yang militan. Kekuatan aksi massa harus dibarengi dengan tindakan nyata," tambahnya.

Karena itu menurut Adhyna, LMND akan aktif melakukan pendidikan dan kaderisasi secara nasional dengan berkelanjutan. Tanpa pendidikan dan kaderisasi, gerakan mahasiswa seperti tanpa nyawa.

Ketum dan sekjen terpilih, Asrul dan Adhyna optimis, dibawah kepengurusan LMND yang baru, LMND akan semakin kokoh dan massif dalam membangun gerakan mahasiswa yang maju dan inovatif.

Di akhir pidatonya, ketua umum LMND terpilih, Muhammad Asrul, juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada panitia dan Eksekutif Wilayah DKI Jakarta yang telah sukses menyelenggarakan kegiatan kongres.

"Semoga dengan kerja keras dan kerja cerdas kita semua, LMND kedepan akan semakin Jaya, Salam Persatuan," tutupnya.
(maf)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak