alexametrics

Soal Wamen, Gerindra Hargai Pilihan Presiden Jokowi

loading...
Soal Wamen, Gerindra Hargai Pilihan Presiden Jokowi
Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad menjelaskan bahwa keberadaan para wakil menteri (Wamen) merupakan hak prerogatif Presiden Jokowi. Foto/dpr.go.id
A+ A-
JAKARTA - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad menjelaskan bahwa keberadaan para wakil menteri (Wamen) merupakan hak prerogatif Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dasco enggan memberikan penilaian terhadap keberadaan para wamen itu.

"Menurut saya, wamen itu adalah hak prerogatif presiden, ya nanti kita akan lihat ke depannya apakah bisa berjalan efektif atau tidak, kan nanti ada juga saluran-saluran konstitusi untuk melakukan koreksi-koreksi apabila hal ini tidak tepat dilakukan," ujar Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (28/20/2019).

Kendati demikian, dia meyakini bahwa Presiden Jokowi sudah mempertimbangkan secara matang dalam mengangkat 12 wamen itu. "Wamen sebagai pembantu dari menteri yang tentunya beberapa bidang sudah dipilih yang mempunyai tantangan ke depan, juga cukup berat, saya pikir presiden juga punya pertimbangan sendiri," ujar Wakil Ketua DPR.



Begitu juga dengan pemangkasan beberapa jenjang eselon dalam birokrasi. "Ya kalau menurut saya kan soal birokrasi pemangkasan-pemangkasan itu presiden punya pertimbangan sendiri," pungkasnya. (Baca juga: Ketua DPR Yakin Jokowi Sudah Pertimbangkan Matang Soal Wamen)

Adapun 12 wamen yang telah dilantik itu adalah Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo, Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo, Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar, Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga, Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid, Wakil Menteri Pertahanan Sakti Wahyu Trenggono.

Kemudian, Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara, Wakil Menteri PUPR John Wempi Wetipo, Wakil Menteri KLHK Alue Dohong, Wakil Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal Budi Arie Setiadi, Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang (Wakil Kepala BPN) Surya Tjandra dan Wakil Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin.
(kri)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak