Alasan TNI AU Gunakan Mobil Esemka Bima

Jum'at, 25 Oktober 2019 - 15:39 WIB
Alasan TNI AU Gunakan Mobil Esemka Bima
Alasan TNI AU Gunakan Mobil Esemka Bima
A A A
JAKARTA - TNI Angkatan Udara (AU) resmi menggunakan mobil pabrikan dalam negeri Esemka Bima 1,3. Melalui Induk Koperasi Angkatan Udara (Inkopau), TNI AU dihibahkan 35 unit mobil Esemka Bima 1,3.

Kasubdispenum Dispenau Kolonel (Sus) Muhammad Yuris mengungkapkan, selain mendukung industri dalam negeri, pembelian mobil Esemka Bima 1,3 juga sangat membantu dalam pengoperasian khususnya penerbangan.

(Baca juga: Melihat Langsung TNI AU Gunakan Mobil Esemka Bima)

Menurutnya selain sangat membantu dalam pengoperasian, mobil ini dapat bergerak dengan cepat dan lincah dan juga mengungkapkan hemat bahan bakar.

"Jadi mobil ini kita lihat cc nya tidak terlalu besar 1300 CC dan dalam bentuk pick up atau bak terbuka sehingga di satuan-satuan setingkat skadron baik skadron Udara maupun skadron Teknik ini sangat dibutuhkan," ujar Yuris di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (25/10/2019).

"Bahkan di Skadron-skadron tempur ini bisa digunakan sebagai mobil crash team kalau misalnya harus mendekat ke runway untuk mengambil parasut yang dracksut yang digunakan oleh pesawat tempur pada saat mendarat," sambungnya.

Kemudian kata Yuris, bisa mengangkut perlengkapan-perlengkapan yang ada di Skuadron perpindahan tempat dari Gudang ke hanggar, hanggar ke pesawat, ini (mobil) sangat dibutuhkan.

Yuris juga tak menampik jika kedapan TNI AU akan menambah unit dari mobil Esemka. Namun, TNI AU belum berncana membeli kembali karena hingga saat ini 35 unit mobil Esemka yang sudah disediakan masih sangat optimal.

"Sejauh ini hampir 1 bulan operasional tidak ada masalah jadi berfungsi dengan baik semua fitur-fitur yang ada di dalam mobil ini berfungsi dan bisa dirawat dengan baik pula oleh personel-personel yang ada di satuan-satuan skadron Udara maupun skadron teknik ini," jelasnya.

Tak hanya itu, nantinya jika memang ada kebutuhan dan kesepakatan bisa saja mobil Esemka menjadi mobil para pejabat TNI AU. Karena mobil Esemka sendiri banyak tipe yang akan dikeluarkannya.

"Mungkin ke depan mengkaji lagi apabila memang layak untuk digunakan sebagai mobil dinas atau mobil jabatan itu bisa pertimbangankan ,namun hingga saat ini belum kita fokus dulu dengan 35 unit untuk mobil operasional di skadron ini," tuturnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5107 seconds (0.1#10.140)