alexametrics

Kekecewaan Kiai NU Atas Penunjukan Menag Dinilai Wajar

loading...
Kekecewaan Kiai NU Atas Penunjukan Menag Dinilai Wajar
Kekecewaan para kiai Nahdlatul Ulama (NU) terhadap penunjukan mantan Jenderal (Purn) Fachrul Razi (tengah) sebagai Menteri Agama (Menag) dinilai hal yang wajar. Foto/SINDOphoto/Eko Purwanto
A+ A-
JAKARTA - Kekecewaan para kiai Nahdlatul Ulama (NU) terhadap penunjukan mantan Wakil Panglima TNI Jenderal (Purn) Fachrul Razi sebagai Menteri Agama (Menag) dinilai hal yang wajar. Pasalnya, selama ini jabatan Menag diduduki oleh kalangan NU.

"Kekecewaan kiai NU saya kira hal yang wajar karena selama ini Menag selalu dipegang oleh NU," ujar Pengamat Politik dan Direktur Indostrategi Arif Nurul Imam kepada SINDOnews, Rabu (23/10/2019). (Baca juga: PBNU: Banyak Kiai Kecewa dan Protes Atas Penunjukan Menag)

Artinya, kata dia, jika diambil tokoh militer maka slot Menag itu menjadi hilang. Selain itu, lanjut dia, mayoritas warga NU mendukung Jokowi-Ma'ruf Amin di Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2019.

"Sejak era reformasi, memang ini yang pertama kali Menag berasal purnawirawan militer," tuturnya.



Seperti diberitakan SINDOnews sebelumnya, kekecewaan para kiai NU itu diungkapkan oleh Ketua Pengurus Harian Tanfidziyah PBNU KH Robikin Emhas. PBNU mendapatkan banyak protes kekecewaan dari para kiai di daerah atas penunjukan Menag baru tersebut.
(kri)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak