alexametrics

Mengenal Agus Suparmanto, Ketum IKASI yang Dipanggil Jokowi ke Istana

loading...
Mengenal Agus Suparmanto, Ketum IKASI yang Dipanggil Jokowi ke Istana
Ini sosok Agus Suparmanto politikus PKB yang menjadi perhatian semua pihak saat menyambangi Istana Kepresidenan Foto/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Agus Suparmanto menjadi perhatian semua pihak saat menyambangi Istana Kepresidenan pada Selasa, 22 Oktober 2019. Agus datang memenuhi panggilan Presiden Joko Widodo (Jokowi) jelang pengumuman Kabinet Kerja Jilid II periode 2019-2024.

Sebelumnya, nama Agus tak pernah muncul di bursa menteri Jokowi. Jadi siapa Agus?

Berdasarkan penelusuran SINDOnews, Agus merupakan Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (Ikasi) 2018-2022. Dirinya dipilih menjadi Ketum IKASI secara aklamasi dalam Musyawarah Nasional Ikasi pada awal Desember 2018. (Baca juga: 34 Orang Dipangil ke Istana, Ini Prediksi Posisi Mereka)



Agus juga merupakan pengusaha muda bidang pertambangan, dirinya dikenal sebagai Direktur Utama PT Galangan Manggar Billiton (GMB).
Pakar hukum tata negara Yusril Ihza Mahendra juga tercatat menjadi komisaris di perusahaan yang beroperasi di Bangka Belitung itu.

GMB mempunyai proyek pembangunan dok kapal di Manggar, Belitung Timur. Proyek ini dikerjakan dengan menggandeng anak usaha PT Timah Tbk, yaitu PT Dok dan Perkapalan Air Kantung (PT DAK).

Saat bertemu Presiden Jokowi, kata dia, dirinya diminta mengurusi bidang ekonomi di periode kedua pemerintahan Presiden Jokowi nanti. (Baca juga: Penyusunan Kabinet Jokowi-Ma'ruf Diapresiasi)

"Setelah pengarahan dari Bapak Presiden tadi ditugaskan Bapak Presiden ada unsur bidang ekonomi," ujar Agus di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

Agus merupakan sosok yang ditawarkan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) untuk menduduki kursi menteri di Kabinet Jokowi-KH Ma’ruf Amin. "Saya dari PKB," katanya.

Kini, sudah tiga sosok asal PKB yang merapat ke Istana. Selain Agus, Ida Fauziyah dan Abdul Halim Iskandar sudah lebih dulu menghadap Jokowi.

Ida merupakan anggota DPR RI periode 2014-2019 yang bertugas di Komisi I dan Badan Anggaran (Banggar) DPR. Sedangkan Abdul Halim Iskandar adalah kakak kandung Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar.
(cip)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak