alexametrics

Begini Profil Agus Gumiwang Kartasasmita

loading...
Begini Profil Agus Gumiwang Kartasasmita
Politikus Partai Golkar Agus Gumiwang Kartasasmita menjadi salah satu tokoh yang dipanggil Presiden Jokowi ke Istana Kepresidenan, Jakarta, hari ini, menjelang pengumuman kabinet. Foto/SINDOnews/Dita Angga
A+ A-
JAKARTA - Politikus Partai Golkar Agus Gumiwang Kartasasmita menjadi salah satu tokoh yang dipanggil Presiden Jokowi ke Istana Kepresidenan, Jakarta, hari ini, menjelang pengumuman kabinet. Pada Pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla, Agus Gumiwang Kartasasmita menjabat sebagai menteri sosial menggantikan Idrus Marham yang mengundurkan diri karena ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Agus dilantik pada Jumat 24 Agustus 2018. Sebelum menjadi menteri, Agus sebagai anggota DPR, wakil ketua komisi I. Pria kelahiran 3 Januari 1969 ini adalah putra dari Tokoh Golkar Orde Baru, Ginanjar Kartasasmita.

Pria yang dikenal dengan sebutan AGK ini memulai kariernya sebagai pengurus GEMA, salah satu organisasi kepemudaan di bawah Golkar. Agus pernah menjadi salah satu ketua dewan pimpinan pusat (DPP) Partai Golkar pada periode tahun 2004—2009.



Dia juga pernah menjadi anggota MPR mewakili Gapensi pada tahun 1997—1999. Dalam pemilu tahun 2009, dia terpilih menjadi anggota DPR mewakili wilayah pemilihan Jawa barat II. (Baca juga: Politikus Golkar Agus Gumiwang Juga Merapat ke Istana)

Nama AGK pernah disebut dalam sidang dugaan korupsi proyek kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, pada Selasa 2 Oktober 2018. Namanya disebut oleh keponakan Mantan Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto, Irvanto Hendra Pambudi yang duduk di kursi terdakwa bersama Made Oka Masagung.

Sejumlah nama yang sudah hadir di hari kedua pengenalan calon menteri pemerintahan Jokowi tahap kedua. Mereka antara lain, Pertama, mantan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati yang hadir ke istana kepresidenan, Jakarta, sekira pukul 09.03 WIB; kedua, Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Nasdem Syahrul Yasin Limpo sekira pukul 09.30 WIB.

Ketiga, Politikus Partai Golkar, Agus Gumiwang Kartasasmita; keempat, Wakil Bendahara Umum (Wabendum) bidang Program DPP PDI Perjuangan, Juliari Peter Batubara; kelima, mantan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya
(pur)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak