Akankah Jadi Jaksa Agung atau Menkumham, Ini Profil Mahfud MD

Senin, 21 Oktober 2019 - 10:12 WIB
Akankah Jadi Jaksa Agung atau Menkumham, Ini Profil Mahfud MD
Akankah Jadi Jaksa Agung atau Menkumham, Ini Profil Mahfud MD
A A A
JAKARTA - Anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Mahfud MD tokoh pertama yang datang ke Istana Merdeka Jakarta, Senin (21/10/2019) pagi ini.

Kehadiran Mahfud memenuhi undangan Presiden Jokowi ke Istana dilakukan menjelang Presiden mengumumkan dan mengenalkan susunan kabinet Jilid II.

Mantan Ketua MK itu tiba di Istana Kepresidenan Jakarta sekira pukul 09.33 WIB sambil mengenakan kemeja berwarna putih.

Sejumlah kalangan berpendapat, posisi yang tepat untuk Mahfud MD adalah jabatan dengan background hukum, seperti Jaksa Agung dan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham).

Pasalnya, dari dari jalur dan profesi yang ditekuni Mahfud MD, selalu bersentuhan dengan bidang hukum. Berikut profil singkat Mahfud MD yang dihimpun SINDOnews, Senin (21/10/2019).

Nama Mahfuf MD memang bukan tokoh baru yang pernah menjabat beberapa posisi menteri. Pria kelahiran Sampang. Madura, Jawa Timur, 13 Mei 1957 itu tercatat pernah menjadi Menteri Pertahanan era Presiden Abdurrahman Wahid atau Gusdur.

Mahfud pernah menjabat sebagai Ketua MK periode 2008-2013. Dia menjadi salah satu pakar hukum tata negara yang menjabat tiga lembaga negara berbeda secara beruntun, lembaga eksekutif, legislatif, dan yudikatif.

Gelar Doktor Mahfud MD diraih pada tahun 1993 dari Universitas Gadjah Mada (UGM). Sebelum diangkat sebagai menteri, dia adalah pengajar dan Guru Besar Hukum Tata Negara di Universitas Islam Indonesia (UII), Yogyakarta.

Mahfud MD lahir di Sampang, Madura, 13 Mei 1957 dari pasangan Mahmodin dan Suti Khadidjah. Inisial MD dibelakang namanya berasal dari nama ayahnya karena saat di SMP ada dua orang anak mempunyai nama yang sama bernama Mahfud, maka untuk membedakannya ditambahkan MD.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7350 seconds (0.1#10.140)