alexametrics

JK dan Ma’ruf Amin Bertukar Kursi Wapres

loading...
JK dan Ma’ruf Amin Bertukar Kursi Wapres
Maruf Amin selaku wapres terpilih setelah menandatangani berita acara pelantikan, melakukan prosesi yang menarik yakni, pertukaran kursi Wapres RI dengan Jusuf Kalla (JK). Foto/SINDOnews/Kiswondari
A+ A-
JAKARTA - Joko Widodo (Jokowi) dan Ma’ruf Amin telah resmi dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) 2019-2024 setelah mengucap sumpah dan janjinya di hadapan 689 Anggota MPR yang hadir dan ratusan tamu kenegaraan dan kepala negara dan perwakilan negara-negara sahabat.

Setelah menandatangani berita acara pelantikan, ada prosesi yang menarik yang dijalani oleh Jusuf Kalla (JK) sebagai Wapres ke-12 dan Ma’ruf Amin yakni, dengan pertukaran kursi Wapres RI.

JK yang tadinya duduk di kursi sebelah kanan, dan Ma’ruf di sebelah kiri berpindah menjadi Ma’ruf di sebelah kanan dan JK di sebelah kiri.



“Alhamdulilah dengan penuh rasa syukur dan kehadirat Allah Subhanahu Wataala, Tuhan Yang Maha Esa. Kita telah menyaksikan pembacaan sumpah presiden dan wakil presiden RI hasil pemilu 2019. Dengan telah diucapkannya sumpah presiden dan wapres tersebut, saudara Insinyur Haji Joko Widodo dan Prof doktor Kiai Haji Ma’ruf Amin adalah Presiden RI dan Wakil Presiden RI untuk masa jabatan 2019-2024,” ucap Ketua MPR Bambang Soesatyo dalam Ruang Rapat Paripurna MPR, Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2019).

“Dan kita baru saja menyaksikan juga, peralihan kekuasaan secara simbolik dengan pertukaran kursi wapres di mana kursi Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla mempersilakan Wakil Presiden Maruf Amin menduduki kursi Wakil Presiden,” sambung Bamsoet.

Karena itu, Bamsoet meminta kepada para tamu dan hadirin untuk memberikan tepuk tangan yang meriah kepada Presiden dan Wapres RI. Atas nama Pimpinan dan Anggota MPR dan seluruh rakyat Indonesia, Bamsoet juga menyampaikan selamat kepada Jokowi dan Ma’ruf Amin.

“Atas nama Pimpinan dan Anggota MPR serta selurub rakyat Indonesia kami mengucapkan selamat kepada Presiden Jokowi dan Wapres Maruf Amin yang telah memperoleh kepercayaan Indonesia sebagai presiden dan Wakil Presiden RI untuk melaksanakan amanah rakyat bangsa dan negaar dalam kurun waktu 5 tahun ke depan yakni terhitung sejak 20 Oktober 2019 sampai 20 Oktober 2024 yang akan datang,” ucap Bamsoet.
(pur)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak