alexametrics

Ilham Habibie Ungkap Progres Crowdfunding R80 Berhasil Kumpulkan Rp9 M

loading...
Ilham Habibie Ungkap Progres Crowdfunding R80 Berhasil Kumpulkan Rp9 M
Putra Presiden RI ke-3 BJ Habibie, Ilham Habibie sekaligus pendiri PT Regio Aviasi Industri mengungkapkan progres program crowdfunding pesawat R80. Foto/SINDOnews/Raka Dwi
A+ A-
JAKARTA - Putra Presiden RI ke-3 BJ Habibie, Ilham Habibie sekaligus pendiri PT Regio Aviasi Industri mengungkapkan progres program crowdfunding pesawat R80. Program itu dari website “kitabisa.com/campaign/pesawatr80”.

Website tersebut dibuat sebagai bentuk dukungan dalam mengumpulkan donasi dari publik (crowdfunding) yang diperlukan untuk mengembangkan pesawat R80. Akun pemilik tersebut yakni Regio Aviasi Industri (RAI).

"Itu (crowdfunding) adalah salah satu cara untuk mendapatkan pendanaan tapi ya tentu itu kecil jadi secara total kalau kita menilai pesawat terbang itu nilainya 1,6 miliar dollar untuk pembiayaannya. Crowdfunding kemarin kita dapat alhamdulillah karena dukungan dari masyarakat Rp9 miliar," ujar Ilham di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (19/10/2019).



Ilham mengungkapkan crowdfunding di dunia ini yang paling sukses di Amerika pernah USD70 juta. Memang untuk pendanaan dalam membuat pesawat tidak bisa diharapkan penuh dari crowdfunding.

"Jadi yang tersukses sepanjang masa di Amerika, jadi di Amerika pun enggak pernah lebih dari 100 juta, apalagi 1 miliar enggak bisa itu bukan caranya tapi itu adalah cara untuk menunjukkan apresiasi dan dukungan masyarakat sebagai simbolik," jelasnya.

Dia juga menegaskan crowdfunding Indonesia itu bukan investasi namun dominasi sebagai bentuk masyarakat yang mendukung R80. Diapun mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah menyumbang.

"Alhamdulillah kami sangat berterima kasih atas dukungannya mereka itu memberikan uangnya sebagai donasi jadi Rp9 miliar donasi bukan investasi jadi tidak harus kita kembalikan," tuturnya.
(kri)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak