Wujudkan Visi, Wali Kota Semarang Fokuskan pada Sektor Pariwisata

Selasa, 15 Oktober 2019 - 19:45 WIB
Wujudkan Visi, Wali Kota Semarang Fokuskan pada Sektor Pariwisata
Wujudkan Visi, Wali Kota Semarang Fokuskan pada Sektor Pariwisata
A A A
JAKARTA - Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengungkapkan dalam mewujudkan visi kepemimpinannya, dirinya memfokuskan pada pariwisata di Kota Semarang. Dirinya mencanangkan sebuah visi 2016-2021, Semarang sebagai Kota Perdagangan dan Jasa yang hebat Menuju Masyarakat Sejahtera.

"Kenapa pariwisata? jadi lebih merata, dari sisi manufaktur pemilik modal kalo untung ya kaya, untuk pegawainya tetap saja tapi disisi pariwisata ini orang punya duit bisa bangun karaoke, orang ga punya duit bisa mengembangkan guest house," ujar Hendrar dalam program Indonesia Visionary Leader yang di gelar di Auditorium Gedung Sindo, Selasa (15/10/2019).

Hendrar mencontohkan fokusnya terhadap pariwisata yakni dengan penataan kali Semarang di jalan Dr Sutomo.Tak hanya itu, juga dengan kerja sama dengan semua pihak menyulap Kampung Gunung Berintik menjadi Kampung Pelangi, yang membuat warga di sekitarnya merasakan manfaat dan keuntungan secara finansial.

"Kampung pelangi apa yang kemudian terjadi setelah kita rubah salah satu contohnya pak Sukiman, tadinya dia gapunya penghasilan tapi begitu kampungannya kita rubah menjadi salah satu tempat wisata, pak Sukiman paling tidak mendapatkan 200 perhari dari hasil dia membantu wisatawan berfoto. Ini salah satu contoh fokus kita di wilayah pariwisata," jelasnya.

Hendrar juga menormalisasi sistem sungai kali Tenggang. Dia juga mengungkap dengan inisiasi dari masyarakat dimunculkan festival kali Tenggang setiap tahunnya, yang membuat ekonomi tumbuh, pariwisata berkembang dan warga sekitar juga bisa menikmati nilai-nilai ekonomi.

Untuk mendukung visinya juga dibuatkan program stimulan 177 kampung tematik, dengan berbagai program dari kampung ramah anak di Kuningan, Semarang Utara, kampung tas pandansari di Jalan Pandansari, Sawah Besar, Kota Semarang, dan Kampung jajan pasar di Bugen lor, Bangetayu, Kulon.
(pur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5646 seconds (0.1#10.140)