alexametrics

KSAL Pimpin Sertijab Tiga Jabatan Strategis

loading...
KSAL Pimpin Sertijab Tiga Jabatan Strategis
Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, memimpin upacara serah terima jabatan (sertijab) tiga jabatan strategis. FOTO/Dok Dispenal
A+ A-
JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, memimpin upacara serah terima jabatan (sertijab) tiga jabatan strategis, yaitu Panglima Koarmada I, Panglima Koarmada II dan Panglima Kolinlamil.

Ketiga jabatan strategis tersebutu yakni, Panglima Koarmada II yang sebelumnya dijabat Laksamana Muda TNI Mintoro Yulianto, selanjutnya akan dijabat oleh Laksamana Muda TNI Heru Kusmanto, yang sebelumnya menjabat Panglima Komando Lintas Laut Militer.

Laksda TNI Mintoro Yulianto selanjutnya dipromosikan sebagai Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) menggantikan Laksamana Madya TNI Wuspo Lukito yang memasuki masa purna tugas.



Sementara itu pada jabatan Panglima Koarmada I yang sebelumnya dijabat Laksamana Muda TNI Yudo Margono, diserahterimakan kepada Laksamana Muda TNI Muhammad Ali yang sebelumnya menjabat sebagai Koordinator Staf Ahli KSAL sejak Januari 2019.

Sedangkan Laksda TNI Yudo Margono selanjutnya akan menjabat sebagai Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I.

Sementara pada jabatan Panglima Kolinlamil yang sebelumnya dijabat oleh Laksda TNI Heru Kusmanto, akan dijabat oleh Laksma TNI Ahmadi Heri Purwono yang sebelumnya menjabat Kepala Staf Koarmada II Surabaya.

Dalam sambutannya, KSAL menyatakan, penyerahan tongkat estafet kepemimpinan ini merupakan realisasi dari regenerasi di lingkungan TNI AL. Menurutnya, hal ini memiliki nilai dan arti strategis dalam proses pembangunan sumber daya manusia (SDM) dan peningkatan profesionalisme, baik secara organisasi maupun personel.

“Dengan demikian, rotasi jabatan pada tingkat eselon pimpinan Komando Utama ini diharapkan akan mampu memberikan semangat serta penyegaran pemikiran, melalui ide dan gagasan baru yang lebih inovatif serta kreatif, bagi peningkatan kinerja organisasi”, ungkap, Selasa (15/10/2019).

Siwi mengungkapkan tentang peranan penting Koarmada dan Kolinlamil dalam mendukung kepentingan nasional dan pencapaian pembangunan kekuatan laut. Menurut Siwi, Koarmada bertugas membina kekuatan dan kemampuan komponen SSAT, kemampuan peperangan laut, serta kesiapan operasional guna melaksanakan operasi militer perang dan operasi militer selain perang.

”Sedangkan Kolinlamil memiliki tugas untuk membina kemampuan sistem Angkutan Laut Militer (Anglamil) termasuk membina potensi Angkutan Laut Nasional (Anglanas) untuk kepentingan pertahanan negara di laut, serta melaksanakan angkutan administratif, taktis dan strategis, baik dalam operasi militer untuk perang maupun operasi militer selain perang”, tandasnya.

Dalam sertijab Komando Utama TNI AL yang berlangsung di Lapangan Apel Detasemen Markas (Denma) Mabesal Cilangkap, Jakarta Timur ini diikuti 8 Kompi gabungan prajurit TNI AL yang terdiri dari Kompi Perwira, Bintara, Tamtama, Kompi Polisi Militer Angkatan Laut, Kompi Kowal, Kopaska TNI AL, Prajurit Marinir, Penerbang AL, serta kompi Pegawai Negeri Sipil TNI AL.
(cip)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak