Pilih Jalur Oposisi, PAN: Bukan Berarti Harus Cakar-cakaran

Minggu, 13 Oktober 2019 - 10:29 WIB
Pilih Jalur Oposisi, PAN: Bukan Berarti Harus Cakar-cakaran
Pilih Jalur Oposisi, PAN: Bukan Berarti Harus Cakar-cakaran
A A A
JAKARTA - Partai Amanat Nasional (PAN) tidak terpengaruh dengan langkah politik Gerindra dan Demokrat yang memberikan sinyal masuk barisan partai pendukung Pemerintah Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Bahkan, PAN secara tegas mengambil posisi di luar pemerintahan.

"Itu hak dan keputusan Pak SBY dan mas Prabowo serta partai masing-masing. Para pendukung Prabowo-Sandi juga mempunyai hak mengambil sikap, apakah sepakat dengan beliau berdua atau justru merasa kecewa," kata Wakil Ketua Dewan Kehormatan PAN, Dradjad Wibowo kepada SINDOnews, Minggu (13/10/2019).

Dradjad mengungkapkan PAN sudah mengambil sikap yang jelas, yaitu berada di luar kabinet. Menurut dia, demokrasi di seluruh belahan dunia memerlukan parpol di luar pemerintah. Parpol yang mampu melakukan checks and balances serta memberikan alternatif kebijakan yang lebih baik. "Tetapi bukan berarti harus musuhan apalagi cakar-cakaran," katanya.

Alasan PAN memilih memgambil peran tersebut agar demokrasi kita sehat dan dewasa dan masyarakat mempunyai "menu" kebijakan yang semakin berkualitas. "Selain tentunya, sebagai wujud ikatan moral dan apresiasi terhadap para pemilih PAN yang sudah bahu-membahu berjuang dalam Pilpres dan Pileg 2019," tuturnya.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5434 seconds (0.1#10.140)