alexametrics

Sisakan PKS dan PAN, Oposisi Bisa Muncul dari Aktivis Ekstraparlementer

loading...
Sisakan PKS dan PAN, Oposisi Bisa Muncul dari Aktivis Ekstraparlementer
Direktur Parameter Politik Politik Indonesia, Adi Prayitno menilai, kekuatan oposisi bisa muncul dari kekuatan ekstraparlementer. Ilustrasi/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Direktur Parameter Politik Politik Indonesia, Adi Prayitno menilai, kekuatan oposisi bisa muncul dari kekuatan ekstraparlementer. Sebab, kubu oposisi hanya menyisakan PKS dan PAN, jika Gerindra dan Partai Demokrat masuk dalam pemerintahan.

"Bisa dipastikan ini pertanda sakaratul maut oposisi, karena hanya menyisakan PKS dan PAN. Ke depan oposisi akan muncul dari aktivis ekatraparlementer," ujar Analis Politik asal UIN Jakarta, Minggu (13/10/2019).

Bergabungnya Partai Gerindra dan Demokrat ke pemerintahan memang belum pasti 100 persen. Namun setidaknya pertemuan antara Presiden Jokowi dengan Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto dan Ketua Umum Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ikut menguat rumor tersebut.



Adi Prayitno menganggap, fakta politik tersebut akan membuat koalisi Jokowi menjadi gemuk. Tak terbayang pula politisi Gerindra dan Demokrat tiap saat akan memuji-muji dan ikut sosialisasi program Jokowi, sementara selama ini mereka mengkritik keras.

"Tak terbayang bagaimana parpol yang selama ini beda prinsip dalam banyak hal menyatu dalam koalisi. Pasti akan banyak dinamika yang potensial terjadi gejolak," kata Adi saat dihubungi Sindonews.
(wib)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak