alexametrics

Jokowi Bertemu Prabowo dan SBY, Karpet Merah atau Taktik Politik?

loading...
Jokowi Bertemu Prabowo dan SBY, Karpet Merah atau Taktik Politik?
Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bertemu dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto saat Pilpres 2019. Foto/SINDOnews/Eko Purwanto
A+ A-
JAKARTA - Presiden terpilih Joko Widodo telah bertemu dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Istana Merdeka.

Dalam pertemuan yang digelar secara terpisah ini, Jokowi tidak menampik juga membahas tentang kemungkinan koalisi.

Apakah Jokowi akan memberikan "karpet merah" atau posisi penting bagi Prabowo dan SBY di pemerintahannya pada periode kedua nanti?



Analis politik, Arif Nurul Iman menilai langkah Jokowi bertemu kedua tokoh politik itu untuk kepentingan politik demi menciptakan kestabilan politik di masa kepemimpinannya nanti.

"Langkah ini saya kira bukan sebagai upaya Jokowi memberi karpet merah, melainkan bagian kepentingan politik taktis Jokowi untuk menciptakan stabilitas politik di pemerintahan periode kedua," tutur Arif kepada SINDOnews, Sabtu (12/10/2019). (Baca juga: Doa PKS: Moga Pendukung Prabowo-Sandi Bersama dalam Oposisi)

Menurut dia, pertemuan kedua tokoh itu dengan Jokowi juga bagian dari upaya komunikasi untuk menentukan konfigurasi kedua parpol yang dipimpin Prabowo dan SBY itu.

"Pertemuan Jokowi dengan SBY dan Prabowo merupakan bagian upaya komunikasi dan penjajakan untuk menentukan konfigurasi dua parpol tersebut dalam pemerintah," kata Direktur IndoStrategi Research and Consulting ini. (Baca juga: Lima Sinyal Kuat Gerindra Gabung Pemerintah Jokowi)

Meski Gerindra dan Demokrat bukan pendukung Jokowi, lanjut dia, namun kedua parpol ini dinilai penting demi stabilitas politik.

"Meski sudah didukung 60 persen parpol di parlemen, tampaknya Jokowi masih belum percaya diri sehingga masih berusaha menambah dengan komunikasi dengan Gerindra dan Demokrat," tuturnya.
(dam)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak