alexametrics

Gerindra Sedari Awal Tahu Golkar Incar Jatah Kursi Ketua MPR

loading...
Gerindra Sedari Awal Tahu Golkar Incar Jatah Kursi Ketua MPR
Diskusi Polemik MNC Trijaya Network bertajuk Peta Politik Usai Pesta Di Parlemen di d'consulate, Jakarta, Sabtu (12/10/2019). Foto/SINDOnews/Raka Dwi
A+ A-
JAKARTA - Ketua Fraksi Gerindra di MPR, Ahmad Riza Patria mengungkapkan sedari awal pihaknya tahu bahwa Partai Golkar telah meminta jatah kursi Ketua MPR periode 2019-2024. Hal tersebut telah sesuai dengan kesepakatan koalisi partai politik pendukung pasangan Joko Widodo (Jokowi)-KH Ma'ruf Amin.

Hal itu disampaikan Riza dalam diskusi Polemik MNC Trijaya Network bertajuk Peta Politik Usai "Pesta" Di Parlemen di d'consulate, Jakarta, Sabtu (12/10/2019).

"Kita tahu di awal koalisi pemerintah membuat kesepakatan karena DPR RI dipimpin PDIP sesuai hasil pemilu Puan Maharani, Golkar sebagai partai pemenang pemilu kedua di Parlemen, Gerindra memang pemenang kedua di pileg nasional. Golkar sebagai partai kedua di koalisi pemerintah ingin menduduki jabatan Ketua MPR itu kami sudah tahu sejak lama," ujar Riza.



Riza juga mengatakan Partai Gerinda juga tidak terpikirkan untuk menduduki kursi Ketua MPR. Namun karena terbawa suasana pilpres, Gerindra merasa perlu menduduki kursi Parlemen.

"Dan dari awal kami tidak pernah berpikir untuk menduduki Ketua MPR, cuma dalam perjalanannya karena suasana pilpres begitu tajam dan kami di oposisi kami ingin masuk di Parlemen sebagai penyeimbang," jelasnya.

Riza pun mencontohkan seperti Pemeritahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), dimana pada saat itu yang menduduki kursi Ketua MPR adalah oposisi padahal Partai Demokrat menjadi partai pemenang pemeritahan.

"Itu membuktikan ada saling kepercayaan bahwa walaupun oposisi bahwa kalau untuk kepentingan bangsa kita bisa duduk bersama itu contoh luar biasa yang ke depan saya kira contoh yang baik. Tidak ingin menggunakan kesempatan ataupun kekuasaan apapun di MPR umpamanya untuk menjatuhkan presiden sekalipun dipimpin oleh partai oposisi PDIP dan terbukti selama 5 tahun Pak Taufiq Kiemas membawa MPR lebih baik dari sebelumnya. Saya kira itu contoh," tuturnya.
(kri)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak