alexametrics

Mendag dan Menko Darmin Dinilai Tak Layak Dipertahankan

loading...
Mendag dan Menko Darmin Dinilai Tak Layak Dipertahankan
Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita. Foto/Dok/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita dan Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution dinilai tak layak dipertahankan pada Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) - Ma'ruf Amin.

Pengamat politik dan Direktur Indostrategi Arif Nurul Imam berpendapat, sejumlah menteri layak diganti atau tidak sesungguhnya bisa dilihat dari beberapa faktor, yaitu faktor kinerja dan politis.

"Di kabinet Jokowi periode kedua saya kira pertimbangan ini juga akan digunakan sehingga berpengaruh terhadap siapa menteri yang layak dipertahankan dan siapa yang mesti diganti, ada alasan politis dan kinerja," ujar Arif kepada SINDOnews, Selasa (8/10/2019).



Dirinya berpendapat, bisa saja kinerja bagus, tetapi tidak punya topangan politik, sehingga bakal diganti. Dia melanjutkan, sebaliknya begitu, kinerja biasa saja tetapi karena punya topangan politik, sehingga dipertahankan.

"Kalau figur siapa yang tak layak dipertahankan saya kira karena dua faktor tadi. Menteri yang kemungkinan tidak dipertahankan karena setidaknya karena dua faktor tersebut," ujarnya. (Baca juga: AHY Dinilai Layak Jadi Menpora, Menlu atau Menteri BUMN)

Dia pun menilai yang tidak akan dipertahankan di antaranya Mendag Enggartiasto Lukita karena kran impor yang merajalela. "Menko Perekonomian Darmin Nasution karena berbagai paket kebijakan ekonomi yang dikeluarkan tak mampu menstimulus perekonomian," pungkasnya.
(pur)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak