alexametrics

DPD Dukung Calon Ketua MPR Asal Penuhi 5 Syarat Ini

loading...
DPD Dukung Calon Ketua MPR Asal Penuhi 5 Syarat Ini
Pimpinan MPR dari unsur DPD, Fadel Muhammad menyatakan pihaknya akan memberi dukungan pada calon Ketua MPR yang akan memenuhi lima syarat dari DPD. Foto/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Pemilihan Ketua MPR berlangsung alot. Dalam rapat gabungan muncul dua kandidat kuat, Bambang Soesatyo dari Fraksi Partai Golkar dan Ahmad Muzani dari Fraksi Partai Gerindra. Keduanya tengah melakukan lobi dan menggalang dukungan.

Pimpinan MPR dari unsur DPD, Fadel Muhammad menyatakan pihaknya akan memberi dukungan pada calon yang akan memenuhi lima syarat dari DPD, yang semuanya berhubungan dengan kewenangan DPD.

"Kita akan gabung ke yang mana yang mau ikuti lima permintaan kita," ujarnya di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (3/10/2019).



Kelima syarat tersebut adalah: Pertama, keterlibatan DPD dalam dana transfer daerah. Kedua, terlibat dalam atur dana desa.

Ketiga, DPD ikut mengatur mengenai dana insentif daerah. Keempat, beberapa UU yang berhubungan dengan pemerintahan daerah diperbaiki, misal UU 2004 dan UU Keuangan Daerah. Kelima, UU MD3.

"Pokoknya supaya DPD punya taring di daerah-daerah. Kalau enggak, DPD tidak ada apa-apanya. Survei menyatakan hanya 30 persen orang yang tahu DPD," katanya.
(kri)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak