Panglima TNI: 3.100 Pengungsi Akibat Kerusuhan di Wamena Telah Dievakuasi

Senin, 30 September 2019 - 12:47 WIB
Panglima TNI: 3.100 Pengungsi Akibat Kerusuhan di Wamena Telah Dievakuasi
Panglima TNI: 3.100 Pengungsi Akibat Kerusuhan di Wamena Telah Dievakuasi
A A A
JAKARTA - Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengungkapkan hingga saat ini pihaknya sudah mengangkut 3.100 pengungsi dari Wamena menuju Jayapura akibat konflik yang terjadi di Wamena beberapa hari belakangan ini.

Hadi mengatakan ribuan pengungsi itu diangkut menggunakan pesawat Hercules milik TNI. Tak hanya mengangkut para pengungsi, pesawat Hercules juga digunakan untuk membawa bantuan kebutuhan bagi para pengungsi.

"Sampai kini pesawat Hercules terus laksanakan operasi pengungsian, dari Wamena ke Jayapura. Kurang lebih sudah kita angkut hampir 3.100 dan termasuk membantu bantuan kebutuhan untuk masyarakat di Wamena kurang kebih 74 ton kita kirim dari masyarakat dan CSR," ujar Hadi di Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Senin (30/9/2019).

Hadi juga mengungkapkan para pengungsi yang telah tiba di Jayapura, langsung dikoordinasikan dengan Pangdam 17 Cendrawasih untuk dapat didata dan setelah itu dipulangkan ke daerahnya masing-masing.

"Namun dari Pangdam sampaikan bahwa untuk pengungsi yang kita utamakan ibu-ibu dan anak anak, bapak-bapak termasuk remaja kita harapkan tetap di Wamena karena diharapkan ekonomi terus berjalan dan kemanaan di Wamena kita jaga karena di sana kita tempatkan pasukan TNI untuk dukung kepolisian," paparnya.

TNI, kata Hadi, terus mengupayakan untuk menjaga dan ciptakan stabilitas kemananan di Wamena. Tak hanya itu, TNI juga telah menyiapkan satu kapal RS KRI Subarso untuk membantu pertolongan medis di Wamena.

"Dengan tenaga medisnya dengan kemampuan sepsialis patah tulang, luka bakar, dan luka benda-benda tumpul, sampai saat ini sudah beberapa kali operasi, termasuk patah dari korban yang kita bawa dari Wamena dan kita turun kan menuju Jayapura," tuturnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3758 seconds (0.1#10.140)