Syarifudin Tippe Didorong Jadi Menhan Kabinet Jokowi Jilid 2

Sabtu, 21 September 2019 - 10:14 WIB
Syarifudin Tippe Didorong Jadi Menhan Kabinet Jokowi Jilid 2
Syarifudin Tippe Didorong Jadi Menhan Kabinet Jokowi Jilid 2
A A A
JAKARTA - Sebagai salah seorang tokoh masyarakat Sulawesi Selatan (Sulsel), anggota DPD RI asal Sulsel periode 2014-2019, Abdul Aziz Kahar menyatakan dukungan dan harapan agar salah satu putra terbaik Sulsel, Letnan Jenderal TNI (Purn) Prof DR Syarifudin Tippe, M.Si dipilih Jokowi-Ma'ruf Amin untuk masuk sebagai anggota Kabinet SDM Unggul dengan posisi sebagai Menteri Pertahanan.

Hal tersebut dikarenakan selain putra daerah, dirinya juga melihat bahwa sosok Syarifudin Tippe merupakan sosok jenderal yang punya jiwa Pancasilais, cinta NKRI, dan komitmen kebangsaannya patut diteladani, terutama oleh generasi muda.

"Selain religius, Pak Syarifudin Tippe adalah sosok nasionalis sejati, yang punya komitmen tinggi terhadap nilai-nilai kebangsaan dan nasionalisme yang tinggi, beliau bukan jenderal yang oportunis, tetapi juga sangat cerdas dan sedikit dari banyak Jenderal yang pintar,” ujarnya dalam keterangan resminya kepada SINDOnews, Sabtu (21/9/2019).

Sebagai sesama Putra Sulsel, Abdul Aziz Kahar juga menilai Syarifudin Tippe merupakan sosok yang tepat untuk menduduki kursi Menteri Pertahanan pada Kabinet Jokowi Jilid 2. "Syarifudin Tippe adalah sosok berani, tegas, dan cinta NKRI, kita butuh banyak pejabat yang punya komitmen kebangsaan yang tinggi dan nasionalis tulen,” katanya.

Walaupun Aziz mengaku, dirinya tidak mengenal langsung Syarifudin Tippe, tetapi dia memiliki kesamaan visi dan misi kebangsaan dan nasionalisme yang luhur. Sehingga, katanya, Kabinet Jokowi Jilid 2 nanti bisa lebih baik dalam mengatasi berbagai kendala pembangunan dan lebih kompeten dalam melindungi kepentingan nasional.

Prestasi lainnya dari Syarifudin Tippe yang tak lepas dari pengamatan Abdul Aziz Kahar adalah kemampuannya meredam konflik di Aceh saat masih menjabat sebagai Pangdam Iskandar Muda Aceh.

"Beliau mampu menekan dan perlahan-lahan menghilangkan akar konflik di Aceh, dan beliau juga termasuk salah satu juru runding yang handal di Finlandia, bersama dengan rombongan Wapres Jusuf Kalla dan Menkumham, Hamid Awaludin saat itu. Syarifudin Tippe bukan saja sosok pemikir, namun juga juru runding dan negosiator yang hebat, saya kira pantas kalau didapuk sebagai MenHan,” kata putra Kahar Muzakkar tersebut.

Seperti diketahui, Syarifudin Tippe lahir di Sinjai Sulawesi Selatan. Dia merupakan keturunan bangsawan bergelar Andi namun gelar tersebut tidak disematkan di namanya sampai saat ini. Syarifudin Tippe milik seluruh bangsa Indonesia bukan hanya milik Sulawesi Selatan. "Iya, memang ada rumpun bangsawan," pungkas Aziz.
(cip)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4694 seconds (0.1#10.140)