alexametrics

Bangkitkan Nasionalisme lewat Orkestra Komunitas Pecinta Biola

loading...
Bangkitkan Nasionalisme lewat Orkestra Komunitas Pecinta Biola
Alliance Violin Community (AVC) akan menggelar konser di Depok Town Square bertajuk AVC Untuk Indonesia. Foto/Wiendy Hapsari
A+ A-
DEPOK - Alliance Violin Community (AVC) adalah komunitas musik orkestra berusaha mendobrak persepsi publik mengenai dogma bahwa pendidikan musik hanya bisa digeluti oleh orang-orang berduit.

Keberadaan AVC membuktikan setiap orang dari berbagai kalangan bisa juga mengenyam pendidikan musik. AVC merupakan komunitas yang konsisten memberikan ruang bagi mereka yang ingin belajar musik, khususnya gitar dan biola. AVC hadir di dua kota, yaitu Depok dan Bandung.

Tidak hanya sebatas memberikan pendidikan musik, komunitas ini juga aktif melakukan kegiatan sosial dan konser tahunan.



Pada Sabtu 28 September 2019 mendatang, AVC khusus wilayah Depok akan menggelar konser di Depok Town Square bertajuk AVC Untuk Indonesia. Konser ini diadakan sebagai rapor dan bukti eksistensi komunitas ini kepada publik.
Bangkitkan Nasionalisme lewat Orkestra Komunitas Pecinta Biola

Konser tahunan yang sudah lima kali digelar ini untuk mempopulerkan musik Nusantara. Misi ini dilatarbelakangi oleh kekhawatiran membanjirnya musik mancanegara yang dapat menggerus posisi musik Nusantara.

"Saya sendiri miris melihat kondisi dan situasi anak-anak jaman sekarang yang lebih terpengaruh oleh budaya luar dan tidak mengenal budayanya sendiri. Memang ada yang ikut mengenal dan melestarikan tapi bukan kelompok yang besar, masih terbilang sebagian kecil," kata Eriansyah, penggiat musik nusantara sekaligus Music Director Konser AVC Depok 2019, Selasa (17/9/2019).

Menyikapi itu digelar pertunjukan musik yang diharapkan dapat membangkitkan kembali semangat masyarakat Indonesia.

Pertunjukan musik yang disajikan kurang lebih 120 menit ini juga bertujuan untuk menyajikan hiburan yang mampu membangkitkan jiwa nasionalis penonton, mengembangkan potensi anak-anak muda dalam bidang seni musik, dan sebagai wujud terima kasih AVC kepada masyarakat umum.

Dikemas secara kreatif, AVC Depok akan berkolaborasi dengan etnik ensemble dan gamelan sekaligus.

"Dengan adanya konser ini kami mengajak muda-mudi untuk mengenal, syukur bila bisa ikut melestarikan budaya-budaya khususnya di bidang musik yang ada di negeri Indonesia kita ini." ujar Eriansyah.
(dam)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak