Panglima TNI Tinjau Pesawat CN 295 untuk Pemadaman Karhutla di Kalteng

Jum'at, 13 September 2019 - 19:07 WIB
Panglima TNI Tinjau Pesawat CN 295 untuk Pemadaman Karhutla di Kalteng
Panglima TNI Tinjau Pesawat CN 295 untuk Pemadaman Karhutla di Kalteng
A A A
JAKARTA - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto memeriksa langsung 1 unit Pesawat CN 295 yang akan digunakan dalam operasi pemadaman Karhutla di wilayah Kalimantan Tengah (Kalteng).

Pesawat yang dalam kesehariannya dioperasionalkan oleh Skadron Udara 2 Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur ini dipasangi sejenis konsul tambahan. Tujuannya agar pesawat nantinya mampu melaksanakan TMC (Teknologi Modifikasi Cuaca) yaitu menurunkan hujan buatan di wilayah yang terdampak akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Sementara itu, 1 unit pesawat C212 Casa telah beroperasi di wilayah Pekanbaru, Riau untuk melaksanakan hal yang sama.

TNI juga merencanakan pengiriman 1 unit pesawat C212 lagi dari Skadron Udara 4 Lanud Abdurrahman Saleh, Malang, Jawa Timur untuk membantu pemadaman kebakaran hutan diwilayah Sumatera.

Saat ini pesawat tersebut sedang menjalani Period Inspection 100 (Perawatan Berkala Setiap 100 Jam) dan diharapkan pesawat ini dapat diberangkatkan pada hari Minggu, 15 September 2019.

Turut mendampingi Panglima TNI dalam kegiatan ini Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Yuyu Sutisna dan Wakil Kepala Staf Angkatan Udara Marsdya TNI Fahru Zaini Isnanto,
(cip)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0663 seconds (0.1#10.140)